Asian Games 2018: Meski Menang 2-0 atas Iran, Myanmar Gagal ke 16 Besar

Pemain Myanmar merayakan kemenangan atas Iran pada penyisihan Grup F sepak bola putra Asian Games 2018 di Stadion Patriot Bekasi, Senin (20/8 - 2018). Antara/Insagoc/Ary Kristianto
21 Agustus 2018 01:00 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, BEKASI—Myanmar secara mengejutkan mampu menekuk tim kuat Iran pada laga terakhir Grup F sepak bola putra Asian Games 2018 di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (20/8/2018). Meski menang dengan skor 2-0, Myanmar tersingkir lantaran kalah agregat gol.

Ada tiga tim dari Grup F yang melaju ke 16 besar, yakni Iran, Korea Utara, dan Arab Saudi. Ketiga tim tersebut punya nilai sama dengan Myanmar, yakni empat. Namun, hanya Myanmar yang tekor agregat gol, yakni minus satu.

Pelatih Myanmar Antoine Hey mengatakan skuatnya mengambil hikmah seusai tersingkir dari Asian Games XVIII 2018.

“Sayang kami tidak bisa melanjutkan perjalanan lebih jauh. Namun setidaknya kami belajar banyak dari Asian Games ini,” ujar Antoine.

Pelatih asal Jerman itu menyebut dirinya cukup puas dengan performa anak-anak asuhnya. Apalagi, Asian Games 2018 merupakan Asian Games pertama untuk Myanmar sejak 2002 ketika regulasi U-23 mulai ditetapkan di cabang olahraga sepak bola putra

Catatan Myanmar sejatinya tidak buruk di Grup F Asian Games 2018. Dari tiga laga, mereka hanya sekali kalah yaitu dari Saudi Arabia dengan skor 0-3.

Sisanya, mereka mampu menahan imbang Korea Utara 1-1 dan mengalahkan salah satu tim favorit juara di Asian Games 2018, Iran dengan skor 0-2. Sayangnya, kekalahan 0-3 dari Arab Saudi membuat mereka minus satu gol. Seandainya Myanmar bisa menang 3-0 atas Iran, mereka yang bakal melaju ke 16 besar,. Adapun Iran yang punya nilai dan agregat sama dengan Arab Saudi bakal tersingkir karena kalah fair play.

“Setidaknya para pemain sudah menunjukkan komitmen yang besar untuk kompetisi ini meski kami berada di grup yang kuat,” kata Antoine.

Myanmar mengalahkan Iran dengan skor 2-0 di laga terakhir Grup F. Dua gol Myanmar dicetak oleh gelandang Lwin Moe Aw di menit ke-56 dan Htet Phyo Wai di menit ke-68.

Sumber : Antara