Advertisement

Asian Games 2018: Son Heung-min Bawa Korea ke 16 Besar

Newswire
Senin, 20 Agustus 2018 - 23:30 WIB
Budi Cahyana
Asian Games 2018: Son Heung-min Bawa Korea ke 16 Besar Penyerang Korea Selatan Son Heung-min (tengah) berebut bola dengan bek Kirgistan Manybekov Amanbek (kanan) dalam laga Grup E sepak bola putra Asian Games 2018 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (20/8/2018). - Antara/Insagoc/Novrian Arbi

Advertisement

Harianjogja.com, Bandung—Gol semata wayang Son Heung-min ke gawang Kirgistan pada babak kedua membawa Korea Selatan melaju ke babak 16 besar sepak bola putra Asian Games 2018.

Penyerang Tottenham Hotspurs itu melesakkan gol pada menit ke-63 melalui sepakan voli. Korea menang 1-0 dalam laga terakhir penyisihan Grup E di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin (20/8/2018).

Advertisement

Son langsung diturunkan sejak menit pertama dan menjadi kapten. Korea langsung mengincar gol cepat agar bisa memastikan tiket ke 16 besar. Mereka mengurung pertahanan Kyrgizstan sejak peluit dibunyikan wasit.

Ketatnya lini pertahanan Kirgistan membuat serangan Korea hampir selalu diblok. Delapan hingga sembilan pemain Kyrgizstan selalu berada di dalam kotak penalti sendiri, hal ini menyulitkan para penyerang Korea.

Kesulitan menembus lini pertahanan Kyrgizstan, tak diimbangi dengan strategi alternatif Korea. Mereka bermain monoton, selalu mengandalkan serangan melalui Son. Namun langkah Son selalu tertahan. Saat ua memegang bola, dua hingga tiga pemain Kyrgiszstan langsung membayangi pergerakannya.

Korea memiliki dua kesempatan mencetak angka melalui sepakan bebas dekat kotak penalti. Pertama, pada menit 32, sepakan Son melenceng, kemudian di menit 35, sepakan bebas Hwang Ui-jo masih melambung di atas mistar gawang.

Pada awal babak kedua, pelatih Hwang Ui-jo ditarik keluar dan digantikan striker Red Bull Salzburg Hwang Hee-chan. Taegeuk Warriors tetap tak mengendorkan tempo permainannya dan memaksa pemain Kirgistan bertahan.

Son akhirnya mampu membawa Korea unggul 1-0 pada menit ke-63. Berawal dari tendangan sudut, bola yang mengarah tepat kepada Son, langsung disambar dengan sepakan voli terukur.

Seusai gol tersebut, Korea terus mengurung pertahanan lawan. Area sayap kiri, menjadi wilayah yang sering diekspoitasi melalui aksi Kim Jinya maupun Lee Seung-woo.

Beberapa kali, dua pemain tersebut mampu mengirimkan umpan lambung maupun melakukan tusukan langsung ke dalam kotak penalti.

Son Heung-Min hampir menggandakan keunggulan di menit 86. Akan tetapi, sepakannya masih bisa ditepis kiper Kalysbek Akimaliev. Tak lama setelah itu, giliran Hwang Hee-chan yang hampir saja menjebol gawang Kirgistan pada perpanjangan waktu. Berhasil mengecoh kiper dan tinggal berhadapan dengan gawang kosong, sepakannya begitu lemah, sehingga bek Kirgistan langsung menyapu bola.

Hingga wasit membunyikan peluit panjang tanda pertandingan berakhir, skor 1-0 untuk kemenangan Korea. Korea mendampingi Malaysia melaju dalam babak 16 besar dan akan berhadapan dengan Iran, juara Grup F.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Proliga Hari Pertama, Jakarta Pertamina Enduro Kalahkan Bandung BJB

Olahraga
| Jum'at, 26 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement