Asian Games 2018: Malaysia Kalahkan Korea Pakai Taktik yang Dipakai Korea saat Kalahkan Jerman

Striker Korea Selatan Hwang Ui-Jo (kiri) berebut bola dengan bek Malaysia Zakaria Muhammad Irfan dalam laga Grup E sepak bola putra Asian Games 2018 di Stadion Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/8 - 2018). Antara/Inasgoc/Septianjar Muharam
18 Agustus 2018 06:25 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, BANDUNG—Malaysia mengalahkan Korea Selatan 2-1 dalam laga Grup E sepak bola putra Asian Games 2018, Jumat (17/8/2018) malam dengan memakai taktik yang hampir sama dengan yang dipakai Korea saat menumbangkan Jerman 2-0 di Piala Dunia 2018.

Malaysia sangat disiplin saat bertahan.

Pelatih Malaysia Ong Kim Swee mengatakan kunci kemenangan Malaysia atas Korea Selatan 2-1 dalam laga kedua Grup E cabang olahraga sepak bola Asian Games 2018, karena anak-anak asuhnya bermain disiplin sepanjang pertandingan.

“Kemenangan ini adalah hasil yang bagus karena pemain disiplin dan berkomitmen. Pemain punya karakter dan percaya bisa menyelesaikan pertandingan dengan baik. Disiplin yang baik akan menghasilkan hasil yang baik,” ujar pelatih Malaysia Ong Kim Swee seusai pertandingan.

Malaysia mampu unggul 2-0 di babak pertama dan setelah itu bertahan total. Taktik ini nyaris sama persis dengan yang dipakai Korea kala menumbangkan Jerman. Di Rusia, Korea bertahan dengan sangat baik meski sepanjang laga dikurung Jerman. Korea akhirnya mampu menang berkat dua gol di pengujung laga, salah satunya oleh Son Heung-min.

Kala menghadapi Malaysia, Son merasakan apa yang dialami para pemain Jerman bulan lalu, yakni kesulitan menembus lini belakang lawan. Son yang masuk di awal babak kedua tak mampu berbuat banyak dan Korea akhirnya takluk.

Menurut Ong, kemenangan melawan tim sebesar Korea sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan diri para pemain. Apalagi, Malaysia menjadi tim pertama di Grup E yang lolos ke babak 16 besar.

“Saya bilang ke anak-anak saya, striker yang bagus bukan hanya yang bikin gol saja. Tetapi juga punya mental yang bagus, membantu pertahanan dan tentu mampu bekerja sama tim yang bagus," kata dia sebagaimana dilansir Antara.

Pencetak dua gol Malaysia ke gawang Korea, Muhammad Safawi Rashid mengatakan kemenangan atas Korea merupakan hal yang sangat tidak disangka.

“Saya bersyukur alhamdulillah kami bisa memenangkan pertandingan. Ini pertandingan yang sangat sulit melawan tim kuat, alhamdulillah kami menang,” kata dia.