Asian Games 2018: Kebobolan di Menit Akhir, Kirgistan Gagal Tundukkan Bahrain

Kiper Bahrain Ammar Ahmed menahan bola sepakan penyerang Kirgistan Aizar Akmatov (tengah) dalam laga Grup F sepak bola putra Asian Games 2018 di Stadion Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/8 - 2018). Antara/Inasgoc/Raisan Al Farisi
17 Agustus 2018 20:40 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, Bandung—Kirgistan bermain imbang 2-2 melawan Bahrain dalam laga Grup F sepak bola putra Asian Games 2018 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (18/8/2018).

Sempat unggul 2-1 hingga menit ke 90, Kirgistan harus rela berbagi satu poin setelah penyerang Bahrain, Ahmed Sanad, menyamakan kedudukan di menit 94.

Di babak pertama, kedua tim silih berbalas serangan. Pada menit ke-11 Kirgistan hampir unggul terlebih dahulu melalui Ernist Batyrkanov.

Berawal dari tendangan bebas Kairat Zhyrgalbek, bola dikirimkan ke dalam kotak penalti Bahrain. Bola langsung disambar tendangan salto Ernist yang mengarah ke sisi kiri gawang Bahrain. Kiper Bahrain Ahmed Ammar berhasil menepis sepakannya.

Setelah serangan tersebut, Bahrain terus menyerang. Mohammed Marhoon mampu membawa Bahrain unggul terlebih dahulu di menit 18. Bermula dari kesalahan bek Krgistan yang salah memberikan umpan di depan kotak penalti. Hashim Hashim yang berhasil merebut bola dan langsung mengumpan kepada Marhoon yang berdiri bebas.

Pemain bernomor punggung 8 ini hanya tinggal menyonteknya ke arah kiri gawang yang sulit diantisipasi Ammer Ahmed, 1-0 untuk keunggulan Bahrain.

Dua menit setelah gol Bahrain, Kirgistan memiliki kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Kemelut yang terjadi di depan mulut gawang Bahrain, bisa diblok bek Ahmed Bughammar.

Jelang pertandingan babak pertama berakhir, Bahrain hampir saja menambah keunggulan akibat kesalahan yang dilakukan bek Kirgistan.

Namun, bola yang dikuasai Abdulaziz Almansoori bisa diblok bek Kirgizstan, Mustafa Iusupov. Hingga paruh pertama skor bertahan 1-0 untuk keunggulan Bahrain. Pada babak kedua, Kirgistan langsung menampilkan permainan menyerang guna mengejar ketertinggalan. Pelatih Igor Kudarenko langsung menginstruksikan dua pemain untuk tetap berada di depan garis pertahanan lawan.

Hasilnya pun terbukti, pada menit ke-59, sepakan Odilzhon Abdurakhmanov berhasil menyamakan kedudukan setelah menerima umpan Kairat Zhyrgalbek Uulu di sisi kanan gawang, 1-1 untuk kedua tim.

Setelah gol tersebut, jual beli serangan terus terjadi, tetapi Kirgistan lebih banyak menciptakan peluang berbahaya. Tercatat dua, serangan yang dibangun Kirgistan berbuah kemelut di depan mulut gawang.

Sementara penyerangan Bahrain lebih banyak diblok oleh pemain belakang Kirgistan. Kesulitan menembus pertahanan membuat Bahrain sering melepaskan bola di luar garis kotak penalti.

Sepuluh menit jelang pertandingan berakhir, penyerang Kyrgizstan, Ernist Batyrkanov, mampu mengubah papan skor menjadi 2-1. Dia mempu mengecoh dua bek lawan sebelum bola sontekannya merobek jala gawang Ahmed Ammar.

Pertandingan berjalan dramatis. Ahmed Sanad membawa Bahrain lolos dari kekalahan sesaat sebelum wasit membunyikan peluit akhir pertandingan. Bermula dari kemelut yang terjadi di depan mulut gawang, Ahmed Sanad yang berdiri tanpa pengawalan dengan mudah menceploskan bola melalui sundulan. Skor berubah 2-2. Hasil ini membuat peluang kedua tim masih membuka untuk lolos fase Grup E.

Sumber : Antara