Asian Games 2018: Iran Kalahkan Korut 3-0

Pemain Korea Utara Jo Kwang Myong (kiri) dijegal pemain Iran pada babak penyisihan Grup F sepak bola putra Asian Games 2018 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Jumat (17/8 - 2018). Antara/Inasgoc/Djuli Pamungkas
17 Agustus 2018 19:58 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, BEKASI--Iran meraih poin sempurna berkat kemenangan 3-0 atas Korea Utara pada babak penyisihan Grup F sepak bola putra Asian Games 2018 di Stadion Patriot Chandrabaga, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (17/8/2018) sore.

Tiga gol Iran disumbang oleh Amir Roustaei di menit ke 27, Mehdi Ghayadi di menit 67 dan Aref Aghasi Kolahsorkhi di menit 90. Iran langsung tampil menekan di menit awal pertandingan dengan mengerahkan sektor sayap yang dihuni trio penyerang Younes Def, Azadi Andizeh dan Roustei Amir menuju area pertahanan Korea Utara.

Tiga serangan beruntun di menit awal selalu berhasil diantisipasi bek bersama penjaga gawang KOrea Utara Kang Ju Hyok. Kurangnya akurasi operan serta perbedaan postur tubuh pemain membuat Korea Utara sulit keluar dari tekanan Iran yang bermain dengan bola lambung di sektor sayap.

Amir Roustaei yang sukses mencetak gol pertama Iran di menit ke 27 saat tendangan spekulasi rekannya, Younes Delfi, membentur kaki salah satu pemain KOrea Utara di mulut gawang.

Bola liar tersebut disambar Amir melalui sontekan tajam ke sudut gawang yang sulit dijangkau tangan penjaga gawang Ju Hyok Kang hingga mengubah keduduk skor 1-0 untuk Iran.

Tertinggal satu gol dari lawan, membuat tim besutan Soyg Ju II tampil agresif dengan memainkan operan bola pendek, tetapi pergerakan bola selalu terputus saat terjadi duel dengan garda pertahanan Iran.

Kerasnya perlawanan Korea Utara berujung pada sanksi kartu kuning kepada gelandang Mohammadmehdi Mehdikani pada menit akhir pertandingan. Wasit asal Oman, Mahmmood Salim Said Al Majarafi, meniupkan peluit tanda turun minum dengan sekor sementara 1-0 untuk keunggulan sementara Iran.

Seusai bertukar sisi lapangan, para pemain Iran menurunkan tempo bermainnya guna mengamankan peluang poin sempurna klasemen atas raihan gol tunggal di babak awal. Namun strategi itu tidak lantas membuat Kum Song dan kolega patah arang untuk membalikan keadaan lewat peluang gol balasan.

Soyg Ju II pun mengganti gelandang serangnya, Yong II Kim dengan pemain yang terpaut usia dua tahun lebih muda, yakni Yong Thae Han untuk mempertajam lini serang.

Fokus menyerang Korea Utara membuat garda bertahannya lemah sehingga dimanfaatkan Iran melakukan serangan balik dari tengah lapangan. Kesalahan komunikasi antara bek, Song II An, dengan sang kiper Ju Hyok Kang di depan kotak penalti Korea Utara membuat laju si kulit bundar menggelinding di luar kontrol mereka.

Adalah Mehdi Ghayadi yang memanfaatkan situasi itu menjadi gol tambahan bagi Iran menjadi 2-0 dengan menggiring bola tak bertuan hingga ke dalam gawang Korea Utara di menit 67.

Iran kembali menambah keunggulan gol di menit 90 saat wasit menunjuk titik putih setelah bek belakang Korea Utara menjatuhkan penyerang Iran Amir Roustaei di kotak terlarang. Gelandang Iran, Aref Aghasi Kolahsorkhi pun ditunjuk sebagai algojo untuk mengeksekusi tendangan penalti ke gawang Ju Hyok Kang.

Sepakan kencang ke tengah gawang gagal diantisipasi kiper Korea Utara hingga mengubah kedudukan skor 3-0 untuk kemenangan Iran.

Tiga menit tambahan yang diberikan wasit tidak mengubah kedudukan skor untuk kemenangan Iran.

Susunan pemain Iran vs Korut:

Iran: Amini Zazerani Mahdi (GK/C), Aganjanpoor Mohammad, Moslemipour Zanjanab Mohammad, Arta Alireza, Delfi Younes, Asadi Todar Mohammad Amin, Mehdikhani Mohammadmehdi, Azadi Andizeh Mohammadreza, Ghayedi Mehdi, Rezaghpoor Seyed Abolfazi, Aghasi Kolahsorkhi Aref.

Korea Utara: Kang Ju Hyok (GK), An Song Il, Song Kum Song (C), Ri Un Choi, Kim Kuk Bom, Jo Kwang Myong, Kim Yong Il, Kang Kuk Chol, Kim Chol Bom, Jang Kuk Chol, Kim Yu Song.

Sumber : Antara