Asian Games 2018: Manfaatkan Serangan Balik, Malaysia Pukul Kirgistan 3-1

Pemain Malaysia merayakan gol ke gawang Kirgistan dalam laga Grup E sepak bola putra Asian Games 2018 melawan Kirgistan di Stadion Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (15 - 8). Antara/Insagoc/Raisan Al Farisi
15 Agustus 2018 23:15 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, BANDUNG—Malaysia berhasil mengalahkan Kirgistan dengan skor 3-1 dalam laga Grup E sepak bola putra Asian Games di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (15/8/2018).

Gol Malaysia masing-masing dicetak Rasid Muhammad Safawi di menit 36, Abdul Rashid Muhammad Akhyar menit 60, dan Ahmad Muhammad Syafiq menit 78. Sementara gol balasan Kirgistan dicetak Ernist Batyrkanov pada menit ke-55.

Di awal laga, Malaysia maupun Kirgistan berhati-hati dalam melancarkan serangan. Mereka masih mencari pola permainan yang cocok untuk diterapkan dalam pertandingan kali ini. Kirgistan mendapatkan peluang pertama pada menit ke-6 melalui Abdurakhmanov Odilzhon. Dia berhasil melewati dua pemain Malaysia yang kemudian ditutup oleh sepakan dari luar kotak penalti. Namun sepakan Abdurakhmanov masih melebar tipis di kanan gawang.

Malaysia pun bermain agresif dalam pertandingan kali ini, dua serangan berbahaya berhasil dilancarkan oleh Muhammad Akhyar dan Muhammad Safik masing-masing di menit ke-13 dan 23.

Akhyar sempat mampu menerobos lini pertahanan lawan, tetapi bola dipotong kiper Akimaliev Kalysbek. Sementara peluang yang diciptakan Syafik berasal dari sundulan namun bola masih melambung di atas mistar gawang.

Tim Harimau Malaya mampu unggul terlebih dahulu melalui titik putih di menit 35. Berawal dari solo run di sayap kiri, Abdul Rashid Muhammad Akhyar dijegal Kozubalev Tamirlan. Wasit Lau Fing Hei dari Hong Kong pun meniup peluit dan menunjuk titik putih.

Rasid Muhammad Safawi, tak menyia-nyiakan kesempatan mencetak gol dari titip penalti. Usai gol tersebut tak ada peluang berbahaya tercipta, hingga paruh waktu babak pertama berakhir skor tetap tidak berubah.

Pada babak kedua Kirgistan langsung menerapkan tempo permainan tinggi. Anak-anak asuh Igor Kudarenko langsung bermain menekan sejak jantung pertahanan Malaysia.

Pada menit ke-55 Kirgistan mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Berawal dari serangan dari sayap kanan, Mustafa Iusupov berhasil mengirim umpan lambung ke kotak penalti. Ernist Batyrkanov yang menunggu di depan mulut gawang berhasil menceploskan bola melalui sundulan.

Skor imbang 1-1 pun tak bertahan lama, Abdul Rashid Muhammad Akhyar membawa Malaysia unggul 2-1 pada menit ke-60. Sontekannya tak mampu diamankan kiper Akimaliev Kalysbek.

Kirgistan mencoba mengejar ketertinggalan dengan mengurung para pemain Harimau Malaya. Meski mendominasi permainan namun para pemain Kirgistan kesulitan untuk morobek jala gawang Nadzli Muhammad Haziq. Keasikan menyerang, Kirgistan kecolongan serangan balik. Ahmad Muhammad Syafiq kembali mengubah papan skor menjadi 3-1 berkat sundulannya hasil umpan lambung yang dikirim Rasyid Muhammad Safawi.

Setelah gol tersebut, Malaysia sempat memiliki beberapa peluang berbahaya. Namun hingga pertandingan berakhir, skor 3-1 untuk keunggulan Malaysia tetap bertahan.

Sumber : Antara