Asian Games 2018: Lilipaly Gemilang, Indonesia Tekuk Taiwan 4 – 0

Stefano Lilipaly - Antara/Inasgoc
12 Agustus 2018 21:40 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA–Indonesia menang 4-0 dalam pertandingan Grup A cabang olahraga sepak bola putra Asian Games 2018 di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (12/8/2018). Gelandang serang Stefano Lilipaly menjadi bintang utama dengan dua gol dan satu asis. Satu gol dia cetak dengan cara apik, yakni tendangan salto.

Sebagaimana disiarkan secara langsung oleh SCTV, skuat Merah Putih sempat menemui kesulitan menghadapi pertahanan ketat Taiwan yang bertahan di seputaran di kotak penalti sehingga tidak mudah bagi Hansamu Yama Pranata dan kawan-kawan untuk menjaringkan bola ke gawang lawan.

Indonesia baru berhasil membongkar pertahanan lawan pada menit ke-67 melalui sundulan kepala Stefano Lilipaly dengan menyambar umpan lambung tendangan bebas Febri Hariyadi dari sisi kiri pertahanan lawan.

Berselang empat menit kemudian, umpan pendek Lilipaly dituntaskan Alberto ‘Beto’ Goncalves untuk menggandakan keunggulan Indonesia.

Gol ketiga Indonesia pada menit ke-76 melalui tendangan salto Lilipaly. Gol spektakuler ini dilakukannya dengan menyambar umpan silang lambung dari Rezaldi Hehanusa yang dilepas dari sisi kanan pertahanan Taiwan, skor 3 – 0.

Indonesia menggenapi keunggulan empat gol tanpa balas melalui tendangan keras jarak jauh yang juga bisa disebut spektakuler dari Muhammad Hargianto ketika laga telah memasuki injuury time.

Dengan hasil itu, Indonesia menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup A dengan koleksi tiga angka, sama dengan Hong Kong, tetapi Indonesia unggul selisih gol 4 berbanding 2. Posisi teratas ditempati Palestina dengan nilai empat setelah dalam pertandingan di tempat yang sama pada Minggu sore menang dengan skor tipis 2 – 1 atas Laos.

Setelah Hong Kong di peringkat ketiga, Taiwan di ututan keempat dengan nilai 1 hasil imbang 0 – 0 pada pertandingan pertama 2 hari lalu melawan Palestina. Adapun Laos, di posisi dasar klasemen tanpa nilai lantaran dalam pertandingan pertama 2 hari lalu juga menelan kekalahan yakni dengan skor 1 – 3 dari Hong Kong.

Sebanyak 25 tim ikut serta yang dibagi menjadi enam grup. Grup A terdiri atas lima tim, sedangkan Grup B, C, D, E, dan F masing-masing dihuni empat tim. Dua tim teratas di klasemen akhir fase grup ditambah empat runner up terbaik akan melaju ke babak 16 besar atau fase knock out dengan sistem gugur.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia