Rangkuman Pekan I Liga Belanda: Proyek Baru Ajax Masih Mejan

Klaas Jan Huntelaar, gagal membawa Ajax menang. - Reuters/Michael Kooren
12 Agustus 2018 17:15 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA–Ajax Amsterdam gagal menang di laga [ertama Liga Belanda. Sementara, PSV memulai perjuangan mereka untuk mempertahankan gelar Eredivisie Belanda dengan bagus setelah meremukkan Utrecht dengan skor telak 4-0 dalam pertandingan pekan pertama.

Bertarung di Stadion Philips di Eindhoven pada Minggu (12/8/2018) dini hari WIB, keempat gol tuan rumah dilesakkan Gaston Pereiro (16’), Steven Bergwijn (57’), Hirving Lozano (77’), dan Denzel Dumfries (80’).

Juara terbanyak Eredivisie sepanjang sejarah yakni 33 kali, Ajax Amsterdam, dipaksa imbang 1-1 oleh tamunya Heracles Almelo di Amsterdam Arena. Tuan rumah bahkanya nyaris kalah. Kebobolan pada menit ke-84 oleh gol Heracles yang dicetak Kristoffer Peterson, beruntung Ajax bisa membalas tiga menit menjelang laga usai melalui kontribusi Matthijs de Ligt. Ini adalah kegagalan bagi De Godenzonen. Musim ini Ajax mengubah kebijakan transfer. 

Sejauh ini Ajax sudah menghabiskan 41 juta euro. Transfer terbesar Ajax adalah 16 juta euro untuk Daley Blind, 28, dari Manchester United dan 11,4 juta euro untuk pemain Serbia Dusan Tadic, 29, dari Southampton. Musim lalu, total belanja mereka hanya 10 juta euro. Pengeluaran transfer Ajax musim panas kali ini lebih banyak dibandingkan dengan rekor belanja mereka pada 2008 dan mengisyaratkan tujuan baru klub yang selama ini lebih dikenal sebagai produsen pemain muda berbakat.

Berikut hasil pertandingan pekan pertama Eredivisie hingga Minggu dini hari WIB:

PEC Zwolle 2 vs SC Heerenveen 3

Willem II Tilburg 0 vs VVV Venlo 1

Ajax Amsterdam 1 vs Heracles Almelo 1

PSV Eindhoven 4 vs Utrecht 0

Excelsior 1 vs Fortuna Sittard 1

Jadwal berikutnya (dalam WIB):

17.15   ADO Den Haag vs Emmen

19.30   De Graafschap vs Feyenoord Rotterdam

19.30   Vitesse Arnhem vs Groningen

21.45   AZ Alkmaar vs NAC Breda.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia