Sebelum Dijamu Persebaya, PS Tira Pilih TC di Bogor

Ahmad Nufiandani melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persipura di Stadion Sultan Agung Bantul, Sabtu (11/8/2018) malam. - Harian Jogja/Jumali
12 Agustus 2018 10:55 WIB Jumali Sepakbola Share :
Ad Tokopedia

Harianjogja.com, BANTUL - Gerak cepat langsung dilakukan oleh PS Tira usai mengalahkan Persipura Jayapura dengan skor 1-0 di Stadion Sultan Agung Bantul, Sabtu (11/8/2018) malam.

Tim berjuluk The Young Warriors tersebut memanfaatkan jeda dua pekan libur kompetisi Liga 1 2018 dengan menggelar pemusatan latihan di Bogor, Kamis (16/8/2018) mendatang.

"Setelah ini kami liburkan tiga hari. Setelah itu kami lakukan pemusatan latihan di Bogor dan ini sudah kami komunikasikan dengan manajamen. Setelah pemusatan latihan, kami langsung bertolak ke Surabaya," kata pelatih PS Tira Nil Maizar, Minggu (12/8/2018).

Menurut Nil pemusatan latihan dinilainya sangat penting. Selain untuk mengatasi kejenuhan berlatih, pemusatan latihan di jeda libur dua pekan, juga akan dimanfaatkannya untuk menata ulang strategi jelang dijamu oleh Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (11/9/2018) mendatang.

Sebab, sampai saat ini PS Tira masih berada di papan bawah klasemen. Raihan tiga poin dari tim Mutiara Hitam, hanya mampu mengangkat PS Tira naik satu strip dari peringkat 17 ke 16 klasemen sementara Liga 1 2018.

Meski demikian, mantan pelatih Timnas Indonesia ini menilai ada progres cukup baik dari PS Tira pada awal putaran kedua. Kemenangan atas Persipura, lanjut mantan pelatih Semen Padang ini telah membuka kran kemenangan bagi Manahati Lestusen dan kawan-kawan. Hal ini mengingat, 7 pertandingan sebelumnnya, sejak dipegang oleh Nil Maizar, The Young Warriors belum pernah meraih kemenangan.

"Dengan kemenangan ini keran air masih terbuka, kemarin belum mengalir. Kalau sudah mengalir insyaallah bisa semakin baik dan mudah-mudahan lawan Persebaya nanti semakin baik," lanjut Nil.

Melihat hal itu, Nil mengaku optimistis di sisa pertandingan pada putaran kedua, timnya akan mampu keluar dari papan bawah klasemen. Sedangkan mengenai hal yang perlu dilakukan pembenahan, Nil melihat ketenangan dan konsentrasi pemainnya masih perlu ditingkatkan.

Sebab, dari beberapa pertandingan yang dilakoni PS Tira, persoalan konsentrasi pemain dan ketenangan dalam mengambil keputusan membuat tim ini gagal meraih kemenangan. Padahal, di beberapa pertandingan terakhir, seperti melawan Madura United, PS Tira sempat unggul lebih dahulu.

"Soal penampilan Rakic [Alexsandar Rakic] di laga melawan Persipura, dia terlihat terburu-buru. Saya sudah bicara dengan dia untuk lebih sabar dan tenang dalam mengeksekusi tendangan," ucap Nil.

Ad Tokopedia