Sepak Bola Asian Games 2018: Kalah dari Hong Kong, Laos Salahkan Lapangan

Pemain Hong Kong Recio Comi Fernando (kiri) diadang pemain Laos Kongmathilath Phithack pada babak penyisihan Grup A sepak bola Asian Games 2018 di Stadion Patriot, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (10/8/2018). - Antara/Inasgoc
10 Agustus 2018 22:40 WIB Andhika Anggoro Wening Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Laos kalah 1-3 dari Hong Kong dalam laga perdana sepak bola Asian Games 2018 di Stadion Patriot Chandrabaga, Kota Bekasi, Jumat (19/8/2018) sore. Laos menyatakan kontur lapangan yang bergelombang dan keunggulan postur pemain lawan menjadi penyebab kekalahan.

"Rumput lapangan masih tebal dan kontur lahannya masih bergelombang sehingga bola kerap memantul," kata pelatih Laos Mike Wong seusai pertandingan.

Menurut dia, postur tubuh pemain Hong Kong yang relatif lebih besar dan tinggi dari timnya membuat Laos yang didominasi pemain muda kalah dalam perebutan bola di lapangan. "Tim kami masih sangat muda, pertandingan tadi berjalan sangat ketat. Tapi memang secara fisik, lawan kami lebih besar," katanya.

Gol tunggal Laos disumbang oleh pemain bernomor punggung 22 Kongmathilath Phitack di menit ke 61. Kemenangan Hongkong dipersembahkan Tan Chun Lok lewat gol di menit 40 dan gol bunuh diri lawan di menit 85 saat operan bola Tan Chun ke arah rekannya membentur kaki pemain Laos Launlasy dan mengarah ke dalam gawang.

Gelandang serang Chen Hin Lung juga mencetak gol untuk Hong Kong di menit ke 20. Pelatih Hongkong Kwok Kar Lok Kenneth mengaku puas dengan penampilan timnya dalam laga perdana kali ini.

"Kami senang di pertandingan pertama ini bisa menang atas Laos dan membawa tiga poin di klasemen. Kami punya banyak kesempatan menang dalam laga berikutnya karena persiapan tim optimal," katanya.

Torehan tiga gol di laga perdana ini akan menjadi modal Hongkong untuk memberikan kepercayaan diri kepada pemainnya jelang menghadapi lawan lain di Grup A, seperti Indonesia, Taiwan dan Palestina. "Kami bermain bagus hari ini dan ini penting bagi kami untuk maju ke babak berikutnya," katanya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia