Preview PS TIRA VS PERSIPURA : Rekor Milik Sang Tamu

Pelatih PS Tira Nil Maizar bersama pemain PS Tira Ganjar Mukti saat berbicara dengan awak media di Stadion Sultan Agung Bantul, Minggu (29/7/2018). - Harian Jogja/Jumali
10 Agustus 2018 18:55 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Laga berat bakal dijalani oleh PS Tira saat menjamu Persipura Jayapura pada lanjutan Liga 1 2018 di Stadion Sultan Agung Bantul, Sabtu (11/8/2018) petang.

Dibandingkan tuan rumah, Persipura lebih diunggulkan pada laga kali ini. Sebab, tim berjuluk Mutiara Hitam ini berada di peringkat ke-9 dengan 27 poin dari 19 pertandingan. Sedangkan PS Tira berada di peringkat ke-17 dengan 18 poin.

Di sisi lain, kondisi berbeda dialami oleh kedua kesebelasan. Persipura baru saja meraih kemenangan setelah menekuk Barito Putra dengan skor 5-1. Sedangkan PS Tira menelan kelalahan 3-1 dari Madura United.

Pelatih Persipura Amilton Silva de Oliviera mengatakan, meski baru saja meraih kemenangan besar atas Barito Putra yang kini menempati peringkat ke-6, namun pihaknya enggan menganggap remeh kekuatan dari PS Tira. Sebab, meskipun The Young Warriors-julukan PS Tira berada di zona merah, namun kekuatan mereka perlu diwaspadai.

"Kami harus konsentrasi lebih, kami mau menang pada pertandingan kali ini. Apalagi mereka punya pemain baru, ini bisa jadi kendala karena akan berpengaruh ke motivasi mereka. Kami harus hati-hati besok, karena kami ingin menang tapi respect dengan mereka," kata pelatih asal Brasil ini.

Sementara pemain Persipura Gunansar Mandowen mengatakan, pihaknya harus fokus pada pertandingan kali ini. Meski secara head to head, Persipura sempat meraih kemenangan 2-0 saat menjamu PS Tira di Stadion Mandala pada putaran pertama.

"Kami fokus ke tim saja," ucapnya.

Terpisah pelatih PS Tira Nil Maizar mengatakan, pihaknya ingin meraih kemenangan pada laga kali ini. Meski demikian, target tersebut, lanjut mantan pelatih Semen Padang, tidak akan mudah. Sebab, Persipura adalah tim yang diisi oleh sejumlah pemain berkualitas.

"Persipura adalah tim bagus. Pemain lokal maupun asing sama-sama bagus. Kami antisipasi semua pergerakan pemain Persipura," katanya.

Mengenai kegagalan yang diraih di laga sebelumnya, di mana selama tujuh pertandingan di Liga 1 2018 belum pernah mendapatkan kemenangan, mantan pelatih Timnas Indonesia ini menyatakan sejatinya secara permainan timnya cukup baik, hanya saja, ada penurunan konsentrasi yang membuat timnya gagal meraih kemenangan.

"Lawan Madura United kemarin kami sudagh ungggul 1-0, karena konsetrasi menurun dan penjagaan yang lemah akhirnya kami harus kalah 3-1 dari mereka," sambungnya.

Sementara disinggung mengenai strategi yang bakal diterapkan, Nil masih enggan mengungkapkan. Ia memastikan jika mental pemain akan menjadi kunci pada pertandingan kali ini.


Head to head PS Tira vs Persipura Jayapura:
07/04/2018 Persipura Jayapura 2 – 0 PS Tira
04/11/2017 PS Tira 2 – 1 Persipura Jayapura
23/07/2017 Persipura Jayapura 2 – 1 PS Tira
18/10/2016 Persipura Jayapura 3 – 2 PS Tira
19/06/2016 PS Tira 1 – 3 Persipura Jayapura

Perkiraan Pemain
PS Tira
Pola 4-3-3
Pelatih Nil Maizar

Kiper :
Syahrul Fadil

Belakang
Ganjar Mukti
Abu Bakr,
Andy Nugroho
Mahdi Albar

Tengah
Dzmitriv
Young Jae Hoon
Firmansyah
Didik Wahyu

Depan
Noviandani
Wawan Febrianto
Aleksandar Rakic

Persipura Jayapura
(4-3-3)
Kiper :
Dede Sulaiman

Belakang
Yustinus Pae
Yohanis Tjoe
Ricardo Salampessy
David Rumakiek

Tengah
Ian Kabes
Boas Solossa
Gunansar Mandowen

Depan
Prisca Womsiwor
Edison Alves
Hilton Moreira