Advertisement

Arthur Punya Sentuhan Mirip Xavi

Chrisna Chaniscara
Senin, 30 Juli 2018 - 04:25 WIB
Budi Cahyana
Arthur Punya Sentuhan Mirip Xavi Arthur - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Xavi Hernandez memang telah meninggalkan Barcelona di akhir musim 2014/2015. Pemain yang menjadi ikon tim dengan umpan-umpan manisnya ini memilih berlabuh di tim Liga Qatar, Al-Saad. Setelah kepergian Xavi, praktis hanya Andres Iniesta yang memiliki dribel dan sentuhan hampir mirip dengan sang legenda.

Namun kini Iniesta sudah meninggalkan Blaugrana. Dia memutuskan berkelana ke Liga Jepang bersama Vissel Kobe. Awal musim ini, Barcelona mengklaim sudah menemukan titisan Xavi Hernandez dalam diri Arthur Melo. Arthur adalah pemain pertama yang diboyong Barca di bursa transfer jelang musim 2018/2019 dengan mahar 39 juta euro (Rp655,5 miliar).

Advertisement

Fans Blaugrana tentu tak percaya begitu saja sebelum sang pemain membuktikan diri di lapangan hijau. Tak butuh waktu lama, Arthur langsung menjawab keraguan tersebut lewat penampilan brilian dalam laga debutnya bersama tim saat melawan Tottenham Hotspur dalam ajang International Champions Cup (ICC) 2018 di Rose Bowl, Minggu (29/7/2018).

Tak cuma tampil impresif, gelandang 21 tahun itu turut menyumbang satu gol di laga yang dimenangkan Barcelona lewat adu penalti 5-3 (2-2 di kondisi normal). “Saya biasanya tidak suka membuat perbandingan. Namun dia [Arthur] memiliki sentuhan Xavi dalam dirinya. Begitulah cara dia menyentuh bola, cara dia melewatinya. Dia adalah transfer yang bagus untuk Barcelona,” kata rekan Arthur di Barca, Rafinha, dilansir ESPN, Minggu.

Di laga kemarin, Arthur menjebol gawang Spurs di menit ke-29 untuk membawa Barca unggul 2-0. Dia mencetak gol lewat tendangan keras dari luar kotak penalti. Saat itu Ernesto Valverde memang memplot Arthur sebagai gelandang serang sehingga dia lebih leluasa menjebol gawang lawan.

Arthur sendiri lebih banyak bermain sebagai gelandang tengah saat membela Gremio. Dia sudah memperlihatkan bahwa dirinya tahu bagaimana cara merebut bola dan mengeluarkan kami dari masalah. Arthur juga sudah memperlihatkan bagaimana caranya mendekati area menembak untuk mencetak gol,” puji Valverde dilansir Omnisport.

Xavi sendiri sempat memuji kualitas Arthur Melo. Dia menganggap sang gelandang punya DNA Barcelona. Disinggung perbandingannya dengan Arthur, dia menegaskan tak perlu ada perbandingan seperti itu. Xavi menilai hal tersebut hanya akan membuat pemain sulit berkembang.

“Dia telah membangun kariernya sendiri, menunjukkan kepribadiannya sendiri. Jika kami membiarkannya berkembang, dia akan sukses,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Proliga 2024 Kamis 24 April, Pertandingan Pertama LavAni vs Garuda Jaya

Olahraga
| Kamis, 25 April 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement