Advertisement

Pemain yang Menyingkirkan Jerman di Piala Dunia 2018 Main di Asian Games 2018 karena Wajib Militer

Budi Cahyana
Rabu, 18 Juli 2018 - 18:25 WIB
Budi Cahyana
Pemain yang Menyingkirkan Jerman di Piala Dunia 2018 Main di Asian Games 2018 karena Wajib Militer Son Heung-Min, mencetak gol ke gawang Jerman di Piala Dunia 2018. - Reuters/Pilar Olivares

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-Min, masuk dalam skuat Korea yang akan tampil di Asian Games 2018.

Cabang sepak bola Asian Games 2018 akan berlangsung 14 Agustus sampai 1 September dan diikuti oleh tim U-23. Tiap tim boleh menyertakan tiga pemain senior, seperti aturan yang berlaku di Olimpiade.

Advertisement

Pelatih Korea U-23 Kim Hak-Bom membawa empat alumni Piala Dunia 2018 untuk tampil di Indonesia. Selain Son, Kim juga menyertakan penyerang Verona yang pernah dijuluki Messi dari Korea, Lee Seung-Woo; striker Red Bull Salzburg Hwang Hee-Chan, dan kiper yang bermain sangat gemilang saat Korea mengandaskan Jerman, Jo Hyeo-Woo. Lee masih berumur 20 tahun sedangkan Hwang 22 tahun. Adapun Son dan Jo sudah berusia 26 tahun.

Tiga nama pemain senior yang dibawa Kim adalah Son dan kiper Jo serta striker Gamba Osaka Hwang Ui-Jo.

“Son pasti bermain di Asian Games, tetapi kami tidak tahu kapan dia akan bergabung dengan tim. Son sangat bersemangat untuk bermain di Asian Games dan dia adalah pemain penting untuk tim ini. Kami harap dia bisa segera bergabung untuk beradaptasi dengan iklim di Indonesia,” ucap Kim sebagaimana dikutip dari ESPN, Rabu (18/7).

Asian Games tidak masuk kalender FIFA dan Tottenham tidak punya kewajiban untuk melepas Son, apalagi Liga Premier Inggris akan dimulai 11 Agustus. Ini bisa menyulitkan Son untuk bergabung dengan Teguk Warriors.

Namun, Asian Games 2018 sangat penting untuk Son karena Korea memberlakukan wajib militer. Son harus menjalani wajib militer selama 21 bulan. Son dijadwalkan menjalani wajib militer pada awal 2020, tetapi kewajiban itu bisa gugur apabila Son mampu membawa Korea meraih emas di Asian Games 2018.

Son, bersama dengan kiper Jo, adalah elemen penting dalam kemenangan masyhur Korea atas Jerman dalam laga terakhir fase grup Piala Dunia 2018, 27 Juni di Kazan. Jo tampil gemilang, mementahkan bola tandukan Leon Goretzka dan Mats Hummels. Sementara, Son mencetak gol kedua Jerman di pengujung pertandingan. 

Korea memang tersingkir dari fase grup, tetapi kemenangan itu menorehkan sejarah lantaran untuk kali pertama dalam 80 tahun, Jerman tersingkir dari fase grup Piala Dunia.

Di Asian Games 2018, Korea bergabung dengan Bahrain, Malaysia, dan Kyrgyzstan di penyisihan grup. Namun, undian diulang lantaran Uni Emirat Arab dan Palestina dicoret.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jogja Tuan Rumah Superchallenge Supermoto 2024, Catat Tanggalnya

Olahraga
| Sabtu, 20 April 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement