Hidup Para Pemain Prancis Tak Akan Lagi Sama

Antoine Griezmann - Reuters/Dylan Martinez
17 Juli 2018 06:25 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :
Ad Tokopedia

Harianjogja.com, JOGJA—Pelatih Prancis Didies Deschamps mengatakan hidup para anak asuhnya tak akan sama lagi setelah mereka memanangi Piala Dunia 2018. Apalagi, banyak dari mereka yang masih berusia muda.

“Tak ada yang melebihi Piala Dunia,” ujar Deschamps seperti dikutip dari The Guardian, Senin (16/7/2018).

“Mereka mungkin akan memenangi titel lain dan saya tidak akan menyepelekannya. Namun, sebagai pesepak bola profesional, tak ada yang lebih berharga untuk Anda selain trofi Piala Dunia,” kata Deschamps yang meraih trofi itu sebagai pemain saat menjadi kapten Prancis pada 1998.

“Saya merasakan kesitimewaan ini sebagai pemain 20 tahun lalu dan itu membekas di kenangan selamanya.

Skuat Les Bleus di Rusia masih sangat muda. Rata-rata usia pemain Prancis adalah 26 tahun satu bulan. Hanya Nigeria yang memiliki rataan usia lebih muda, yakni 25 tahun, sembilan bulan. Diperkuat banyak pemain muda, Prancis sukses menjadi juara setelah mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2 di final di Stadion Luzhniki, Moskwa, Minggu (15/7/2018).

Sejauh ini, hanya Brasil yang mampu mengangkat trofi dengan rataan usia pemain yang lebih muda dibanding Prancis. Pada Piala Dunia 1970, Selecao diperkuat pemain dengan usia rata-rata 25 tahun sembilan bulan.

Kylian Mbappe, pemain paling produktif di Prancis selain Antoine Griezmann, baru berumur 19 tahun. gelandang Paul Pogba baru berusia 25 tahun. Benjamin Pavard, Lucas Hernandez, masih 22 tahun. Raphael Varane 24 tahun, begitu juga Samuel Umtiti.

“Ini adalah tim muda yang berada di puncak dunia,” ujar Deschamps di ESPN.

Di Piala Dunia selanjutnya, usia pemain seperti Pavard, Hernandez, dan Dembele masih di bawah 27 tahun atau usia emas pesepak bola. Mbappe bahkan baru berumur 24 tahun jika tampil di Qatar. “Mbappe baru 19 tahun dan saya berharap dia akan menjadi juara dunia lagi. Dia sudah melakukan banyak hal,” ujar Deschamps.

Ad Tokopedia