Kroasia Kalah Justru saat Menampilkan Performa Terbaik

Zlatko Dalic menghibur Mario Mandzukic setelah laga final Piala Dunia 2018. - Reuters/Darren Staples
16 Juli 2018 17:55 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :
Ad Tokopedia

Harianjogja.com, JOGJA—Pelatih Kroasia Zlatko Dalic mengatakan anak asuhnya menampilkan performa terbaik sepanjang Piala Dunia 2018 saat kalah 2-4 dari Prancis di Stadion Luzhniki, Moskwa, Rusia, Minggu (15/7/2018).

Kroasia memegang kendali permainan di babak pertama dan mencetak satu gol lewat kaki Ivan Perisic. Namun, Vatreni kebobolan dua gol dari bunuh diri Mario Mandzukic dan sepakan penalti Antoine Griezmann. Penalti diberikan setelah wasit Nestor Pitana mengevaluasi rekaman yang diperlihatkan VAR. Dia sebenarnya tak menunjuk titik putih, tetapi kemudian mendapat sinyal dari VAR agar dia melihat rekaman dan VAR memperlihatkan Perisic menyentuh bola dengan tangan saat mengintersep bola sepak pojok Griezmann.

Dalic menyatakan penalti semacam ini semestinya tak diberikan di partai final Piala Dunia.

“Saya ucapkan selamat kepada Prancis. Kami bermain sangat bagus di 20 menit awal dan mengendalikan pertandingan. Kemudian kami kebobolan gol bunuh diri. Kami bisa membalas dan mendominasi permainan lagi, tetapi kami dihukum tendangan penalti dan ini mengubah laga. Saya tak mau mengomentari kinerja wasit,” kata dia sebagaimana dilansir The Independent, Senin (16/7/2018).

“Saya harus memberikan ucapan selamat kepada para pemain karena mereka menampilkan performa terbaik di turnamen ini. Kami mengendalikan permainan tetapi kebobolan. Menghadapi tim sekuat Prancis, semestinya kami tak membuat kesalahan. Saya bangga dengan para pemain, seluruh tim, dan negara saya.”

Gelandang Ivan Rakitic juga menilai timnya tampil lebih oke ketimbang Prancis.

“Kami terus menyerang, tetapi kurang beruntung. Mereka mencetak empat gol dari tiga tembakan yang mengarah ke gawang. Bagaimana pun, selamat untuk Prancis. Mereka pantas menjadi juara dunia,” kata pemain Barcelona ini.

Ad Tokopedia