Advertisement

Berpenduduk 4 Juta, Kroasia Negara Terkecil Kedua di Final Piala Dunia

Hanifah Kusumastuti
Jum'at, 13 Juli 2018 - 15:48 WIB
Sugeng Pranyoto
Berpenduduk 4 Juta, Kroasia Negara Terkecil Kedua di Final Piala Dunia Timnas Kroasia (Reuters/Fabrizio Bensch)

Advertisement

Harianjogja.com, MOSKOW – Tim Nasional Kroasia berhasil melaju ke final Piala Dunia untuk kali pertama dalam sejarah mereka. Gol Mario Mandzukic di masa extra time saat melawan Inggris di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (13/7/2018) dini hari WIB membuat tim berjuluk Vatreni itu lolos ke partai puncak Piala Dunia 2018.

Sebelumnya, Inggris dan Kroasia bermain imbang 1-1 di waktu normal. Inggris unggul lebih dulu melalui Kieran Trippier di babak pertama. Kroasia kemudian menyamakan kedudukan melalui Ivan Perisic di babak kedua. Hingga akhirnya Mandzukic menjadi pahlawan di babak perpanjangan waktu.

Advertisement

"Ini keajaiban. Hanya tim hebat yang memiliki keberanian seperti kami untuk bangkit dari tertinggal satu gol melawan tim seperti Inggris. Kami bermain segenap hati di turnamen ini,” ujar Mandzukic, seperti dikutip Fourfourtwo.com.

“Saya senang dengan penampilanku di seluruh pertandingan. Saya di sini untuk tim. Kami dalam tekanan ketika melawan Denmark dan Rusia, namun Anda bisa lihat hari ini. Kami seperti singa malam ini dan kami bisa sampai final," sambungnya.

Ivan Rakitic cs. tiba di Rusia sebagai tim nonunggulan yang selalu dibayangi kesuksesan pendahulu mereka ketika menembus semifinal Piala Dunia 1998. Tapi, pasukan Zlatko Dalic cs. berhasil melampaui pencapaian terbaik generasi emas Kroasia sebelumnya dengan lolos ke final Piala Dunia 2018.

Kroasia menjadi negara dengan populasi terkecil kedua di dunia yang mampu lolos ke babak pamungkas setelah Uruguay lolos ke final pada 1930 dan 1950. Menurut data Worldometers.info, jumlah populasi Kroasia 4,1 juta pada 2018. Jumlah itu jauh dari populasi Jerman ketika lolos ke final dan menjadi juara Piala Dunia 2018, yakni sekitar 82 juta penduduk.

Sementara ketika Uruguay berpopulasi 1,7 juta penduduk ketika lolos ke final Piala Dunia 1930 dan berpopulasi 3,4 juta penduduk ketika menembus Piala Dunia 1950. Dengan jumlah populasi kurang dari 4 juta penduduk, Uruguay berhasil menjuarai Piala Dunia pada 1930 dan 1950. Apakah Kroasia bisa mengikuti jejak La Celeste, julukan Uruguay, untuk menjadi juara di turnamen sepak bola termahsyur di dunia ini?. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Seorang Nenek Pecahkan Rekor Dunia Plank Terlama di Usia 58 Tahun

Olahraga
| Sabtu, 20 April 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement