Southgate: Inggris Tetap Membanggakan

Inggris (Reuters/Darren Staples)
12 Juli 2018 22:46 WIB Ahmad Baihaqi Sepakbola Share :

Harianjogja.com, MOSKOW - Dikalahkan Kroasia, Timnas Inggris gagal melaju ke babak final Piala Dunia 2018. Meski begitu, mereka dianggap sudah membuat sesuatu yang membanggakan.

Ya, Inggris memang sudah lama tak bisa melaju jauh di turnamen akbar. Bermaterikan pemain muda, Inggris justru bisa menembus Piala Dunia 2018. Padahal, banyak pihak yang menepikan Inggris sebagai unggulan. Namun petualangan The Three Lions akhirnya kandas juga di babak empat besar.

Melawan Kroasia di Stadion Luzhniki, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB, Inggris kalah dengan skor 1-2. Harapan sempat muncul saat mereka unggul melalui Kieran Tripper di menit kelima. Namun, Kroasia bisa membalas lewat Ivan Perisic di menit ke-68.

Skor imbang 1-1 membuat pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Di masa ini, Inggris kecolongan oleh gol Mario Mandzukic. Mereka tersingkir. Pelatih Inggris, Gareth Southgate mengaku tetap bangga dengan anak asuhnya.

"Saat ini kami semua merasakan sakit karena kekalahan. Tapi, apakah kami menyangka bisa ada di posisi ini?" ujar Southgate seperti dilansir FIFA.com, Kamis.

"Saya pikir secara realistis tak ada yang memperkirakannya. Ketika Anda berada di titik ini dan bermain dengan cara yang kami lakukan, dan sebaik babak pertama, anda jelas akan memanfaatkan kesempatan sekali seumur hidup tersebut. Ruang ganti menjadi tempat yang paling sulit sekarang ini," sambungnya.

"Tapi, saya ingin mengatakan bahwa sangat bangga dengan para pemain yang memperlihatkan kemajuan. Saya pikir reaksi pada suporter kepada mereka, dibandingkan dua tahun lalu, memperlihatkan bahwa pengalaman bersama timnas Inggris juga bisa positif. Seluruh negeri akan sangat bangga pada mereka dan juga cara bermain yang diperlihatkan. Banyak hal positif yang bisa diambil," tandas Southgate.

Sumber : JIBI/Solopos