Seniman Lapangan Hijau Bakal Adu Kreatif

Luka Modric (Reuters/Carlos Barria)
09 Juli 2018 19:45 WIB Hanifah Kusumastuti Sepakbola Share :
Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia

Harianjogja.com, MOSKOW — Piala Dunia memasuki babak semifinal. Sejumlah gelandang kratif memiliki peran penting untuk meloloskan tim mereka ke semifinal Piala Dunia 2018. Para “seniman” di lapangan hijau tersebut merupakan kreator utama untuk mencetak peluang bagi tim masing-masing.

Kroasia memiliki Luka Modric. Pemain berjuluk Penyihir dari Kroasia tersebut sejauh ini mengkreasi 14 peluang di Piala Dunia 2018. Tak jarang gol-gol Vatreni, julukan Kroasia, bermula dari akselerasi yang dibangun gelandang Real Madrid tersebut.

Saat Kroasia menyingkirkan Rusia 2-2 (4-3) di perempatfinal Piala Dunia 2018, Minggu (8/8/2018) dini hari WIB, Modric secara fenomenal mengukir 102 operan, di mana 89 operan di antaranya berjalan sukses. Modric pun tercatat sebagai pemain Kroasia pertama yang mampu menciptakan minimal 100 operan dalam sebuah laga Piala Dunia.

Pantas apabila eks gelandang Tottenham Hotspur itu terpilih menjadi man of the match dalam duel melawan Rusia di perempatfinal kemarin. Modric pun siap kembali memimpin Vatreni ketika bertemu Inggris pada semifinal di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (12/7/2018) pukul 01.00 WIB mendatang. “Kami perkirakan laga melawan Inggris akan jadi laga sulit, ketat, dan dinantikan. Setiap pertandingan Piala Dunia sangat berat,” jelas Modric, seperti dilansir Theguard.com, Minggu.

Inggris juga memiliki kreator ulung, yakni Kieran Trippier. Trippier ditopang bek Kyle Walker di sayap kanan dalam skema 3-5-2. Pemain Tottenham Hotspur tersebut mendapat julukan “Bury Beckham” karena kelihaiannya melepaskan crossing dari sayap kanan tak kalah ciamik dari eks bintang Inggris, David Beckham. Di usia 23 tahun dan minim jam terbang di kompetisi besar, Trippier menyedot perhatian dengan menciptakan 13 kreasi peluang untuk timnya. Jumlah itu hanya kalah satu biji dari peluang yang diukir Modric.

"Banyak orang mengatakannya [sepadan dengan Beckham], namun saya belum dekat menyamai kualitas Beckham. Yang bisa saya lakukan, berusaha yang terbaik dan setiap mendapat peluang, saya akan berusaha mendorong bola seperti yang dilakukan David Beckham," jelas Trippier, seperti dilansir Bbc.com.

Duel semifinal antara Prancis versus Belgia di Saint Petersburg Stadium, Rabu (11/7/2018) pukul 01.00 WIB, juga diprediksi menjadi panggung perang gelandang kreatif. Belgia memiliki Kevin de Bruyne dan Eden Hazard, sementara Prancis mempunyai Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe. De Bruyne sejauh ini mengkreasi 16 peluang, terbanyak di Piala Dunia 2018 setelah Neymar yang mengkreasi 23 peluang untuk Brasil.

Selain menjadi kreator peluang, gelandang kreatif tersebut memiliki kelebihan sebagai finisher berdarah dingin di depan gawang lawan. Sejauh ini, Hazard mencetak dua gol dan De Bruyne menyokong satu gol untuk Belgia. Sedangkan Griezmann dan Mbappe masing-masing mendonorkan tiga gol untuk Les Bleus, julukan Prancis. 

Sumber : JIBI/Solopos

Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia