Belgia Bakal Ubah Gaya Permainan di Hadapan Brasil

Roberto Martinez - Reuters/Sergio Perez
04 Juli 2018 16:30 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Belgia berencana tak akan fokus pada penguasaan bola kala menghadapi Brasil dalam perempat final Piala Dunia 2018 di Fisht Olympic Stadium, Sochi, Sabtu (7/7/2018) dini hari WIB. Pelatih Belgia Roberto Martinez mafhum Brasil difavoritkan memenangi laga sehingga Belgia kemungkinan besar bakal membiarkan lawan mereka menguasai bola sembari menunggu waktu yang pas untuk menyerang.

“Dua tim ini dibentuk untuk mencetak gol dan memenangi laga. Di depan Brasil, yang paling penting bukan menguasai bola, melainkan bagaimana Anda menggunakan bola untuk memenangi pertandingan. Brasil adalah favorit juara sehingga kami harus bermain dengan peran yang berbeda,” ujar Martinez sebagaimana dilansir ESPN, Rabu (4/7/2018).

Dalam empat partai di Piala Dunia 2018, De Rode Duivels selalu unggul dalam penguasaan bola, rata-rata 60% per pertandingan.

“Melawan tim seperti Brasil, Anda harus bertahan dan menyerang dengan 11 pemain. Kami harus bertahan sebaik mungkin dan langsung menyerang begitu mendapat bola. Ini rencana yang sederhana dan para pemain sudah siap untuk melakukannya.”

Martinez mengisyaratkan bakal menurunkan pemain yang unggul dalam duel, seperti Marouane Fellaini.

“Kami butuh banyak tenaga. Kami tak boleh menoleransi setiap kesalahan dan memberi Brasil banyak peluang.”

Pemenang Brasil melawan Belgia akan menghadapi pemenang Uruguay melawan Prancis di semifinal yang bakal dihelat di Saint Petersburg, 10 Juli nanti.