Honda & Hasebe Pensiun dari Timnas Jepang

Makoto Hasebe (kiri) dan Keisuke Honda (kanan), mundur dari pentas internasional. - Reuters/Max Rossi
04 Juli 2018 14:40 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :
Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia

Harianjogja.com, JOGJA—Dua pemain senior Jepang, Keisuke Honda dan Makoto Hasebe, pensiun dari ajang internasional. Keduanya adalah pilar Jepang dalam sewindu terakhir sejak Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Honda, salah satu pemain Jepang paling tajam, sudah mengoleksi 37 gol dalam 98 penampilan internasional. Sementara, Hasebe adalah kapten Jepang di Piala Dunia 2010, 2014 dan 2018. Gelandang Eintracht Frankfurt ini punya 114 caps dan mencetak dua gol bersama Samurai Biru.

“Kami punya banyak pemain muda dan sekarang giliran mereka untuk menulis sejarah sepak bola Jepang. Ini adalah Piala Dunia terakhir saya. Sejujurnya saya ingin membawa Jepang ke fase berikutnya, tetapi tidak mampu. Saya sudah mencoba memberikan yang terbaik,” ucap Honda seusai Jepang kalah 2-3 dari Belgia di 16 besar.

Honda bukan pilihan utama Samurai Biru di Rusia. Gelandang 32 tahun ini selalu turun dari bangku cadangan. Kala menghadapi Belgia, Honda menggantikan Genki Haraguchi dan nyaris saja mencetak gol lewat tendangan bebas di pengujung laga.

Hasebe adalah gelandang bertahan utama sekaligus kapten Jepang dalam delapan tahun terakhir. Dia kini sudah berusia 34 tahun dan bakal berkonsentrasi di level klub. Hasebe membuat debut internasonal pada Februari 2006 saat usianya 22 tahun.

“Saya sangat berterima kasih kepada semua kolega yang berjuang bersama selama 12 tahun sejak 2006 dan kepada semua yang mendukung saya selama ini,” ucap dia.

Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia