Advertisement

Perlawanan Hebat Jepang Gagalkan Laju Senegal

Muhammad Rizal Fikri
Senin, 25 Juni 2018 - 00:25 WIB
Budi Cahyana
Perlawanan Hebat Jepang Gagalkan Laju Senegal Keisuke Honda dan Shinji Okazaki merayakan gol ke gawang Senegal. - Reuters/Marcos Brindicci)

Advertisement

Harianjogja.com,JOGJA–Dua tim Grup H yang sama-sama memenangi pertandingan pertama Piala Dunia 2018, Jepang dan Senegal berbagi angka 2-2 dalam laga di Central Stadium, Ekaterinburg, Minggu (24/6/2018). Jepang dua kali mengejar ketinggalan dan bahkan bisa unggul jika bola sepakan Takashi Inui tidak membentur mistar dan Yuya Osako lebih sigap menyambar umpang silang.

Babak pertama berlangsung sengit. Senegal membuka pertandingan dengan menggempur lini pertahanan Jepang. Menit ke-11, Sadio Mane membuka keunggulan Senegal melalui kesalahan Kawashima saat mengantisipasi bola.

Advertisement

Nagatomo dan kawan-kawan tak mau kalah. Tertinggal satu gol, semangat pemain Jepang seakan-akan terbakar. Tim asuhan Akira Nishimo itu mulai sering menguasai bola. Serangan Jepang kerap dengan mudah dipatahkan pemain belakang Senegal. Namun di menit ke-34, kerja sama antara Yuto Nagatomo dan Takashi Inui berbuah gol. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Pelatih kedua tim mempertahankan pemain di babak pertama untuk memulai babak kedua. Hingga 10 menit babak kedua, Jepang masih memegang penguasaan bola. Tak seperti babak pertama, Jepang mengubah taktik, kini tim berjuluk Samurai Biru tak menggunakan bola tinggi. Bola-bola bawah lebih sering membahayakan gawang Senegal. Pada menit ke-6-, Yuya Osako mendapat umpan matang dari Genki Haraguchi dan punya kans besar Jepang unggul. Sayang kaki kanannya tak bisa menyambar bola. Tiga menit kemurian, serangan balik lewat bola-bola rendah menciptakan peluang emas bagi Jepang. Namun, bola sekali tendangan Takhasi Inui masih membentur mistar gawang.

Senegal yang terus diserang mampu keluar dari tekanan. Lewat lemparan ke dalam di sisi kanan gawang Jepang kemelut terjadi di depan gawang Kawashima. Pemain belakang Senegal Moussa Wague mendapat bola bebas yang langsung ditendang ke arah gawang. Skor berubah 2-1 untuk keunggulan Senegal. 

Tertinggal, Jepang melakukan dua pergantian pemain. Kagawa diganti pemain tengah lainnya Keisuke Honda. Berselang beberapa menit, pemain tengah Haraguchi diganti penyerang Shinji Okazaki. Pergantian yang dilakukan Akira berbuah hasil di menit ke-78. Honda yang baru saja masuk mencetak gol dari umpan datar Takashi Inui.

Pertandingan mendapat tambahan waktu empat menit. Senegal dan Jepang masih terus saling serang. Hingga waktu tambahan habis, skor masih seri 2-2. Dengan hasil ini, Jepang dan Senegal sama-sama mengumpulkan empat poin di Grup H. Pertandingan ketiga menentukan nasib kedua negara itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Portugal 2024: Bagnaia Buka Suara Terkait Insidennya dengan Marc Marquez

Olahraga
| Senin, 25 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement