Advertisement

Preview Jepang vs Senegal

Chrisna Chaniscara
Minggu, 24 Juni 2018 - 17:16 WIB
Sugeng Pranyoto
Preview Jepang vs Senegal Timnas Jepang bersiap menghadapi Senegal. (Reuters)

Advertisement

Harianjogja.com, EKATERINBURG — Jepang dan Senegal mampu tampil impresif di laga pertama. Karenanya duel kedua tim menarik untuk dinanti. Jepang yang unggul tipis dari segi statistik diprediksi akan mendapat perlawanan sengit dari Senegal yang secara mengejutkan membuat Polandia bertekuk lutut.

Jepang secara heroik mampu membungkam Kolombia, dengan skor 2-1. Berkat kemenangan itu, Jepang menjadi tim Asia pertama yang sukses menaklukkan tim dari Amerika Selatan. Senegal tak kalah impresif dengan mempermalukan Polandia 2-1.

Advertisement

Di laga kali ini Senegal agaknya sedikit di atas angin jika melihat rekor buruk Jepang melawan tim Afrika. Samurai Biru, julukan Jepang, tak pernah menang dari wakil Afrika seperti Mali (1-1) dan Ghana (1-2) dalam uji coba beberapa tahun silam. Di Piala Dunia 2014, Jepang juga sukses ditundukkan Pantai Gading dengan skor 2-1.

Sebaliknya, rekor Senegal atas tim dari Benua Asia justru lebih baik. Mereka mampu menghantam Korea Selatan dua gol tanpa balas serta menahan Uzbekistan dengan skor 1-1.

Namun deretan sejarah pertandingan tersebut bisa tak berarti apa-apa jika Jepang dapat kembali menunjukkan spirit permainan kolektif seperti saat melawan Kolombia. Jangan lupa sebelum pertandingan itu, Jepang juga tak pernah menang melawan Los Cafeteros, julukan Kolombia. “Saya pikir kami bisa memperdaya mereka jika kami bermain telaten, juga jeli memanfaatkan bola mati,” ujar striker senior Jepang, Keisuke Honda, seperti dilansir ESPN, Sabtu (23/6/2018).

Meski tak turun sebagai starter saat laga perdana, Honda bisa menjadi kartu truf jika diturunkan saat melawan Senegal. Eks pemain AC Milan itu berpengalaman menjebol gawang tim dari Benua Afrika seperti Kamerun di Piala Dunia 2010 serta Pantai Gading di Piala Dunia 2014. Honda juga terlibat langsung dalam enam dari delapann gol terakhir Jepang di Piala Dunia (tiga gol dan tiga assist).

Namun lini serang Jepang harus lebih gigih karena Senegal punya jantung pertahanan alot dalam diri Kalidou Koulibaly dan Salif Sane. Terbukti, tim berjuluk Singa Teranga ini hanya kemasukan lima gol dalam sembilan laga terbaru di semua kompetisi. Sadio Mane dkk. juga berambisi mengikuti jejak Kamerun pada 1990 dan Nigeria pada 1998 sebagai dua negara Afrika yang pernah memenangi dua laga pembukaan Piala Dunia.

Whoscored memprediksi laga ini akan berakhir imbang. Kedua tim saat ini memang tengah on fire. Jepang tidak terkalahkan dalam sembilan laga terakhir, sedangkan Senegal meraih kemenangan beruntun di empat laga sebelumnya. Skor 1-1 atau 0-0 diprediksi akan tercipta.

Prediksi Susunan Pemain:

Jepang (4-2-3-1): Kawashima; Sakai, Yoshida, Shoji, Nagatomo; Shibasaki, Hasebe; Haraguchi, Kagawa, Inui; Osako.
Pelatih: Akira Nishino (Jepang)

Senegal (4-4-2): N’Diaye; Wague, Sane, Koulibaly, Sabaly; Sarr, Gueye, N’Diaye, Mane; Diouf, Niang.
Pelatih: Aliou Cisse (Senegal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Megawati Bidik Gelar Juara Proliga 2024

Olahraga
| Minggu, 21 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement