Advertisement

Begini Bentuk Kegilaan Suporter Piala Dunia yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

Anton Wahyu Prihartono
Sabtu, 23 Juni 2018 - 23:57 WIB
Anton Wahyu Prihartono
Begini Bentuk Kegilaan Suporter Piala Dunia yang Bikin Geleng-Geleng Kepala Suporter Meksiko menjadi salah satu suporter yang atraktif di gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia. - Reuters/Carl Recine

Advertisement

Harianjogja.com, MOSKWA-Piala Dunia 2018 di Rusia telah berlangsung sekitar 10 hari. Jutaan suporter dari berbagai negara yang menjadi kontestan Piala Dunia 2018 berbondong-bondong datang ke Rusia khususnya kota-kota yang menjadi ajang pertandingan tim kesayangan mereka.

Piala Dunia telah manjadi ajang pesta para penggila bola sejagat. Mereka rela mengeluarkan ribuan bahkan puluhan ribu dolar Amerika untuk mendukung para pahlawan bola di masing-masing negara. Bahkan, ada suporter yang rela melakukan perjalanan panjang hanya untuk mendukung tim pujaannya. Bahkan, ada fans yang rela bersepeda ribuan kilometer sekadar untuk bertemu pemain idolanya. Seorang warga India yang notabene negaranya tidak tampil di Piala Dunia nekat bersepeda sekitar 5.000 kilometer menuju Rusia hanya untuk bertemu Lionel Messi.

Advertisement

Beragam cara untuk memberikan dukungan timnas masing-masing yang tengah berlaga. Semunya dilakukan di dalam stadion maupun luar stadion, bahkan di negara masing-masing. Beragam cara diwujudkan dalam memberikan dukungan di antaranya melalui penampilan. Banyak suporter pun berdandan nyentrik dan unik. Yang paling biasa ditemui di stadion adalah mengecat bagian tubuh terutama pipi dengan gambar negara mereka. Tak jarang, para suporter melukis seluruh muka atau hampir seluruh tubuhnya dengan cat warna-warni yang menunjukkan simbol negara.

Ada lagi penampilan suporter yang cukup nyentrik dan unik di mana suporter tersebut mengenakan pakaian kas bangsa tersebut dipadu dengan lukisan di tubuh maupun muka. Masing-masing suporter berusaha menampilkan kostum yang atraktif dan terkesan aneh di mata suporter lain.

Lalu suporter manakah yang tampil atraktif? Bila ditelusuri, ternyata suporter yang berasal dari Amerika Latin seperti Brasil, Argentina, Meksiko dan Peru tampil lebih “gila” dibandingkan dengan suporter lain dari negara Eropa, Afrika maupun Asia. Bahkan, para suporter dari Brasil dan Meksiko mampu menarik perhatian pengunjung. Kostum yang mereka gunakan sangat unik dan khas.

Sedangkan suporter dari Eropa seperti Inggris, Swiss, Belgia, Spanyol, Portugal, Jerman tampil biasa. Hanya suporter Portugal, Belgia, dan Swiss yang kelihatan unik dan nyentrik. Kebanyakan suporter asal Eropa hanya merias wajah dengan cat simbol bendera negara atau mengenakan atribut lainnya. Begitu pula suporter dari Asia seperti Jepang, Korea Selatan maupun Iran. Suporter Mesir dan Sengal dan Nigeria juga tampil nyleneh dan unik. Mereka mengenakan pakain khas bangsa mereka dipadu dengan lukisan wajah.

Kahadiran suporter yang unik dan nyentrik ini setidaknya telah meramaikan pesta Piala Dunia. Berikut gambar-gambar suporter dari sejumlah negara kontestan Piala Dunia 2018 Rusia yang dihimpun dari Reuters Sabtu (23/6/2018).

 

Brasil

 

 

Meksiko

 

 

Argentina

 

 

Peru

n

 

Belgia

 

 

Portugal

 

 

Swiss

 

 

Kroasia

 

 

Inggris

 

Iran

 

 

Jepang

 

 

Korea Selatan

 

 

Nigeria

 

 

Senegal

 

Mesir

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Proliga 2024 Kamis 24 April, Pertandingan Pertama LavAni vs Garuda Jaya

Olahraga
| Kamis, 25 April 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement