Advertisement

Peru, Tim Keempat yang Angkat Koper dari Piala Dunia 2018

Budi Cahyana
Jum'at, 22 Juni 2018 - 00:05 WIB
Budi Cahyana
Peru, Tim Keempat yang Angkat Koper dari Piala Dunia 2018 Pemain Peru gagal melaju ke fase gugur Piala Dunia 2018. - Reuters/Jason Caindurff

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Peru menjadi tim keempat yang harus angkat koper dari Piala Dunia 2018. Kesebelasan dari Amerika Latin itu kalah tipis 0-1 dari Prancis dalam pertandingan lanjutan Grup C di Ekaterinburg Arena, Kamis (21/6/2018).

Gol semata wayang dalam pertandingan ini dilesakkan striker belia Kylian Mbappe pada menit ke-34. Mbappe mencocor bola ke gawang yang sudah melompong, memanfaatkan bola sepakan Olivier Giroud yang ditepis tak sempurna oleh kiper Pedro Gallese.

Advertisement

Dalam laga ini, Prancis yang diperkuat bintang-bintang papan atas di liga-liga besar Eropa tampil cenderung bertahan. Penguasaan bola Les Bleus cuma 43%, berbanding 57% milik La Blanquirroja.

Upaya tembakan kedua tim nyaris seimbang, Peru sembilan kali (hanya dua yang akurat), sedangkan Prancis 11 kali (lima akurat).

Dengan hasil ini, Prancis mengoleksi enam angka dan memimpin klasemen sementara Grup C, di atas Denmark (empat angka) dan Australia (satu angka). Peru belum mencetak satu biji pun nilai karena di laga pertama kalah dari Denmark, juga dengan skor 0-1, sehingga tak lagi punya peluang melaju ke 16 besar.

Prancis sudah mengunci tiket ke perdelapan final. Laga terakhir mereka melawan Denmark, Selasa (26/6/2018), akan menentukan status juara grup. Jika menang, juara dunia 1998 itu akan memuncaki klasemen. Jika kalah, Prancis akan berada di peringkat kedua dan Denmark yang menjadi juara grup. Laga itu juga bakal menentukan status Denmark. Apabila kalah sedangkan di pertandingan lain Australia menang dengan selisih dua gol atau lebih atas Peru, Denmark akan tersingkir.

Peru sebenarnya tak perlu pulang lebih awal seandainya akurasi tembakan mereka melawan Prancis lebih oke. Pada menit 62, bola sepakan gelandang serang Pedro Carrillo dari luar kotak penalti membentur tiang gawang Prancis. Jika saja lebih presisi, Peru bisa menyamakan kedudukan.

Di laga pertama, Peru juga bisa bermain seri seandainya tendangan penalti Christian Cueva di menit 45 tidak melayang di atas mistar kiper Kasper Schmeichel.

Hingga matchday kedelapan, sudah ada empat tim yang masuk kotak: Mesir, Arab Saudi (keduanya dari Grup A), Maroko (Grup B), dan Peru (Grup C).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement