Advertisement

Lewandowski Terisolasi, Polandia Kalah dari Senegal

Budi Cahyana
Rabu, 20 Juni 2018 - 00:25 WIB
Budi Cahyana
Lewandowski Terisolasi, Polandia Kalah dari Senegal Robert Lewandowski - Reuters/Kai Pfaffenbach

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Robert Lewandowski dan beberapa pemain Polandia tampil sangat buruk saat ditekuk Senegal 1-2 dalam pertandingan Grup H Piala Dunia 2018 di Stadion Spartak, Moskwa, Selasa (19/6/2018).

Lewandowski jarang mendapat suplai bola dan sepanjang 90 menit, dia hanya bisa menembak dua kali, salah satunya meleset. Satu-satunya tembakan pencetak gol terbanyak di Timnas Polandia itu adalah sepakan bebas yang ditepis kiper Senegal Khadim Ndiaye.

Advertisement

Lewandowski yang sangat mematikan di level klub tak berkutik. Menurut catatan whoscored, striker Bayern itu tak hanya gagal sebagai striker tunggal, tetapi juga penyedia umpan matang bagi rekan-rekannya. Lewandowski sama sekali tak menciptakan peluang sepanjang laga. Lewandowski snagat terisolasi. Dia bahkan hanya menyentuh bola 34 kali, masih kalah daripada kiper Senegal yang menyentuh bola 35 kali.

Taktik Gagal

Buruknya penampilan Lewandowski melengkapi kegagalan taktik Adam Nawalka. Di babak pertama, Polandia bermain dengan skema 4-2-3-1. Di babak kedua, Nawalka mengubah skema dengan menarik gelandang sayap Jakub Baszczykowski dan memasukkan bek tengah Jan Bednarek. Polandia kemudian bermain dengan 3-5-2.

Bek kanan ukasz Piszczek didorong menjadi bek sayap kanan, begitu juga bek kiri Maciej Rybus yang dimajukan menjadi bek sayap kiri. Sayangnya, Piszczek tampil sangat jelek. Umpan-umpannya banyak yang meleset. Dari 43 operan, hanya 28 yang tepat sasaran. Bek Borussia Dortmund itu sering membuang kesempatan menciptakan peluang di sepertiga akhir lapangan.

Gol-Gol

Dua gol Senegal dilesakkan bunuh diri bek Thiago Cionek di menit ke-37 dan sepakan Mbaye Niang di menit ke-60. Sementara, bol balasan Polandia dibuat Gregorz Krychowiak pada menit 86. Cionek menciptakan gol bunuh diri karena salah mengantisipasi tendangan bebas Idrissa Guaye. Bola yang sebenarnya sudah bisa ditebak kiper Wojciecg Sczeszny malah mengenai kaki Cione sehingga berbelok arah. Sementara, gol Niang lahir karena kesalahan koordinasi lini belakang Polandia. Bola sundulan backpass Michal Pazdan gagal dikejar Jan Bednarek. Di saat bersamaan, Sczeszny juga kalah berduel dengan Niang sehingga gawang Polandia kebobolan. Gol balanan Polandia lahir setelah Krychowiak menyundul bola sepakan bebas Kamil Grosicki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Proliga 2024 Kamis 24 April, Pertandingan Pertama LavAni vs Garuda Jaya

Olahraga
| Kamis, 25 April 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement