Advertisement

Menang 2-1, Balas Dendam Jepang atas Kolombia Terbayar Lunas

Anton Wahyu Prihartono
Selasa, 19 Juni 2018 - 21:32 WIB
Anton Wahyu Prihartono
Menang 2-1, Balas Dendam Jepang atas Kolombia Terbayar Lunas Pemain Jepang Yuya Osako saat mencetal gol ke gawang Kolombia. - Reuters/ Ricardo Moraes

Advertisement

Harianjogja.com, SARANSK-Tekad Jepang untuk balas dendam terhadap Kolombia akhirnya terlaksana. Tim Samurai Biru akhirnya mengkandaskan Kolombia 1-2 dalam laga pembuka Grup G Piala Dunia di Mordovia Arena, Selasa (19/6/2018) malam WIB.

Pertandingan Kolombia melawan Jepang sebenarnya sangat menarik. Sejak menit pertama, Shinji Kagawa langsung berinisiatif serangan. Petaka datang di barisan pertahanan Kolombia di lima menit pertama. Salah satu pemainnya, Carlos Sanchez karena menghalau bola dengan tangan di kotak penalti. Alhasil, Sanchez harus keluar lapangan karena wasit memberi kartu merah. Kartu merah yang diterima Sanchez merupakan kartu merah pertama dalam ajang Piala Dunia yang sudah berlangsung hampir sepekan.

Advertisement

Kagawa tak menyia-nyiakan kesempatan itu. Dengan tenang, mantan pemain Manchester United tersebut menendang bola yang gagal ditepis oleh kiper Kolombia, David Ospina. Tertinggal satu gol, Kolombia terus melakukan tekanan ke pertahanan Jepang. Namun, barisan pertahanan yang dikomando oleh Gen Shoji dan Maya Yoshida berhasil mematahkan serangan Radamel Falcao dkk.

Pemain belakang Jepang terpaksa menjatuhkan pemain Kolombia untuk mematahkan serangan. Pada menit 39, pemain Kolombia dilanggar pemain Jepang. Juan Quintero mengambil tendangan bebas. Tendangan mendatar tak bisa diblok oleh barisan pagar betis pemain Jepang. Alhasil, bola mendatar melaju ke sisi kiri kiper Eiji Kawashima. Sebenanya, bola bisa ditangkap kiper, namun bola sudah melewati garis putih.

Meski bola berhasil ditangkap, wasit langsung menyatakan gol Kolombia sah. Keputusan wasit langsung diprotes para pemain Jepang. Wasit tetap pada pendirian. Skor sementara 1-1. Kedudukan imbang tersebut bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Kolombia terus membangun serangan. James Rodriguez yang semula duduk di bangku cadangan dimasukkan pelatih Jose Pekerman menggantikan Juan Quintero. Masuknya Rodroguez cukup membantu daya dobrak serangan Kolombia. Namun, barisan pertahanan Jepang cukup solid. Sebaliknya, serangan Jepang tak kalah membahayakan. Pada menit 70, Shinji Kagawa ditarik keluar dan digantikan Keisuke Honda.

Pergantian membawa dampak positif. Pada menit 73, Jepang berhasil menambah pundi-pundi gol. Bermula dari tendangan pojok, Yuya Osako berhasil menyundul bola ke arah gawang. Untuk kali kedua, Ospina harus memungut bola untuk kali kedua. Sementara, Jepang 2-1.

Tertinggal satu gol, membuat pemain Kolombia bernafsu untuk mencetak gol. Namun, pertahanan yang rapat dan koordinasi antarlini membuat serangan Kolombia mudah dipatahkan. Hingga babak kedua berakhir, kedudukan tetap 1-2 untuk keunggulan Jepang.

Kemenangan ini sekaligus pembalasan Jepang atas Kolombia pada Piala Dunia 2014 di Brasil. Saat itu, Jepang yang butuh kemenangan untuk menjaga peluang lolos dari Grup C justru dihantam Kolombia dengan skor telak 1-4.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement