Advertisement

Juara Bertahan Jerman Kalah karena Taktik Meksiko Lebih Ciamik

Budi Cahyana
Senin, 18 Juni 2018 - 00:20 WIB
Budi Cahyana
Juara Bertahan Jerman Kalah karena Taktik Meksiko Lebih Ciamik Hirving Lozano, mempermalukan Jerman lewat serangan balik kilat. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Juara bertahan Jerman terjungkal di laga pertama Piala Dunia 2018. Die Mannschaft ditekuk Meksiko 0-1 di Stadion Luzhniki, Moskwa, Minggu (17/6/2018) lewat gol Hirving Lozano di menit ke-35.

Hasil ini memperpanjang catatan buruk laga perdana juara dunia sejak 1998. Hanya Brasil juara bertahan yang mampu memenangi laga pertama. Pada 2002, juara Piala Dunia 1998 Prancis kalah 0-1 dari Senegal. Pada 2010, juara Piala Dunia 2006 Italia ditahan imbang Paraguay 1-1 dan empat tahun lalu, juara Piala Dunia 2010 Spanyol dipermalukan Belanda 1-5.

Advertisement

Di laga kali ini, Meksiko menang berkat kecanggihan taktik pelatih Juan Carlos Osorio. Osorio mampu memaksimalkan peran Carlos Vela sebagai penyerang lubang yang membatasi gerak Toni Kroos dan Sami Khedira sehingga Jerman tak mampu mengembangkan permainan. Meksiko kemudian mencetak gol lewat Lozano berkat kecepatan menyusun serangan balik.

Pada babak kedua, Meksiko mengubah taktik. Vela ditarik dan diganti gelandang bertahan yang piawai menjadi bek tengah, Edson Alvarez. Meksiko kembali menumpuk pemain belakang dengan memasukkan bek veteran Rafa Marquez. Joachim Low meresponsnya dengan menarik Khedira dan memasukkan Marco Reus agar penyerang Die Mannschaft lebih banyak. Tak cukup di situ. Low juga mengubah formasi menjadi  3-1-4-2. Bek kiri Marvin Plattenhardt diganti striker Mario Gomez. Toh, itu tak cukup karena Meksiko kadun membangun tembok kokoh dan secara ekstrem manfaatkan serangan balik.

Kekalahan Jerman juga karena akurasi tembakan yang buruk. Dua kali Jerman punya kesempatan mencetak gol. Di babak pertama, bola sepakan bebas Toni Kroos membentur mistar. Di pengujung laga, giliran bola tendangan voli Julian Brandt mengenai tiang.

Jerman masih punya dua laga lagi, yakni menghadapi Swedia dan Korea. Juara dunia empat kali ini tak boleh kalah apabila tidak ingin angkat koper seperti Prancis pada 2002, Italia pada 2010, dan Spanyol pada 2014.

Jerman punya pengalaman oke meski kalah di fase grup. Pada 1982, Jerman (saat itu Jerman Barat) kalah dari Aljazair di laga pembuka, tetapi kemudian melaju sampai final. Delapan tahun lalu, Jerman kalah dari Serbia dan tetap bisa lolos ke fase gugur sampai semifinal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Portugal 2024: Bagnaia Buka Suara Terkait Insidennya dengan Marc Marquez

Olahraga
| Senin, 25 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement