Advertisement

Demi Juara Dunia, Pendukung Brasil Jalankan Ritual

Muhammad Rizal Fikri
Minggu, 17 Juni 2018 - 10:41 WIB
Sugeng Pranyoto
Demi Juara Dunia, Pendukung Brasil Jalankan Ritual Ritual Havan mendoakan Brasil di Piala Dunia 2018(Reuters/Rupak De Chowdhuri)

Advertisement

Harianjogja.com, KALKUTA – Banyak cara yang dilakukan pendukung sepak bola demi tim kesayangannya menang. Sebelumnya telah dikisahkan pendukung timnas Arab Saudi bersepeda ribuan kilometer ke Rusia demi menonton langsung Arab Saudi. Belum lama ini di India ada pecinta sepak bola yang melakukan ritual kuno untuk dukung Brasil agar juara.

Dilansir akun Twitter Reuters India Photos @IndiaPhotos, Kamis (14/6/2018), penggemar sepak bola di Desa Howrah, Kolkata, India menunjukkan dukungan ke Timnas Brasil dengan cara tak biasa.

Advertisement

Penggemar sepak bola di desa tersebut melakukan ritual menggunakan api yang disebut Havan. Ritual tersebut merupakan ritual tradisional yang ada di agama Hindu. Ritual yang melibatkan api dan bunga-bunga itu bertujuan untuk mendoakan sesuatu. Khusus menyambut Piala Dunia 2018, Havan dilakukan untuk mendoakan Timnas Brasil agar diberi kelancaran menjadi juara Piala Dunia 2018.

Dari foto yang diunggah Reuters, tampak pria dengan atasan serba putih membakar daun dan bunga. Ia duduk di sebuah karpet atau sajadah dan membawa sebuah lonceng. Di sekeliling pria itu ada warga yang memakai atribut Timnas Brasil Ada yang membawa bendera Brasil, poster Neymar, hingga memakai kostum warna kuning khas seragam Timnas Brasil.

Di Piala Dunia 2018 ini Brasil memiliki skuad yang bisa dibilang mumpuni. Striker yang sedang bersinar seperti Neymar, Douglas Costa, dan Roberto Firmino siap menjadi pencetak gol. Brazil selalu menang di lima pertandingan terakhir, termasuk membungkam Jerman dan Chile.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : jibi/solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Proliga Hari Pertama, Jakarta Pertamina Enduro Kalahkan Bandung BJB

Olahraga
| Jum'at, 26 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement