Advertisement

Pecundangi Arab 5-0, Rusia Pupus Keraguan Publik

Budi Cahyana
Jum'at, 15 Juni 2018 - 00:50 WIB
Budi Cahyana
Pecundangi Arab 5-0, Rusia Pupus Keraguan Publik Yury Gazinsky (melompat) memerlukan waktu 12 menit untuk mengemas gol pertama di Piala Dunia 2018 - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com,JOGJA--Brace Denis Cheryshev, tandukan Yury Gazinsky dan Artem Dzyuba, serta sepakan bebas Aleksandr Golovin mengantar Rusia menang 5-0 atas Arab Saudi dalam laga pembuka Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskwa, Kamis (14/6/2018) malam WIB

Sebelum Piala Dunia 2018 dimulai, Rusia tak benar-benar teruji. Anak asuh Stanislav Chercesov ini tidak melalui laga kualifikasi lantaran otomatis lolos sebagai tuan rumah. Rusia hanya menjajal kekuatan di laga uji coba dan hasilnya kurang meyakinkan. Dalam tujuh laga, Sbronaya tak pernah menang.

Advertisement

Di Grup A, Rusia adalah tim peringkat FIFA terendah, yakni di anak tangga ke-72. Publik pun meragukan Beruang Merah bisa tampil oke di tanah mereka sendiri. Bahkan, Rusia diprediksi bernasib serupa Afrika Selatan sebagai tuan rumah yang gagal melaju ke fase gugur.

Namun, di pentas sesungguhnya, Rusia langsung menggila dengan mencukur Saudi lima gol tanpa balas. Gazinsky mencetak gol perdana di menit ke-12. Kemudian, Rusia seperti bakal kelimpungan ketika playmaker Alan Dzagoev ditarik keluar lapangan karena cedera otot paha di menit 22.

Chercesov membuat pergantian jitu dengan memasuklan Cheryshev. Bekas bek kiri Real Madrid yang kini jadi penyerang sayap Villareal itu tampil gemilang dengan mengemas brace. Gol pertamanya lahir lewat tendangan kaki kiri di menit 43, sedangkan gol kedua diciptakan di menit 91 lewat sontekan kaki kanan.

Kejelian Chercesov dalam mengganti pemain sangat kentara di laga ini. Fyodor Smolov yang kepayahan ditarik di menit 70. Artem Dzyuba yang lama ditepikan dari skuat Rusia masuk dan sentuhan pertamanya adalah ayunan kepala menyambut umpan Golovin di menit ke 71 yang berbuah gol. 

Golovin boleh dibilang man of the match. Dia bikin dua assist, satu untuk gol Gazinsky, satu untuk gol Dzyuba. Golovin juga berperan terhadap gol Cherysev karena dia yang mengirim umpan kunci. Kegemilangannya makin paripurna di pengujung laga. Sepakan bebas melengkung yang apik membawa Rusia menang 5-0.

Jika bisa menjaga level performa di tingkat ini secara konsisten, Rusia jelas punya peluang gede lolos ke fase gugur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement