Rusia & Arab Saudi Baru Bertemu Sekali, dan Rusia Kalah

Timnas Rusia - Reuters/Sergei Karpukhin
14 Juni 2018 18:25 WIB M. Taufikul Basari Sepakbola Share :
Adplus Tokopedia

Harianjogja.com, JOGJA--Laga tuan rumah Rusia melawan timnas Arab Saudi di stadion Luzhniki Stadium Moskwa malam ini menjadi pembuka Piala Dunia 2018 atau 2018 FIFA World Cup.

Pertandingan yang akan dimulai pukul 22.00 WIB ini akan dipimpin wasit Nestor Pitana dari Argentina. Pitana adalah wasit berpengalaman yang memimpin empat pertandingan pada Piala Dunia di Brasil 2014.

Rusia dan Arab Saudi baru sekali bertemu yakni di pertandingan persahabatan pada 1993 yang dimenangi tim dari Jazirah Arab dengan skor 4-2.

Ini bukan pertama kalinya Rusia bermain di laga pembuka Piala Dunia. Saat masih Uni Soviet, mereka menjadi pembuka Piala Dunia 1970 melawan Meksiko dengan skor akhir 0-0.

Arab Saudi harus menunggu 12 tahun sejak keikutsertaannya pada Piala Dunia 2006 di Jerman. Elang Hijau menjadi tim Asia pertama yang melakoni pertandingan pembuka di Piala Dunia.

Debut Arab Saudi di Piala Dunia terjadi pada 1994 dan selama empat kali lolos secara beruntun sampai PD 2006. Pada ajang 1994, Arab Saudi membuat kejutan dengan mengalahkan Belgia di fase grup dan lolos ke perdelapan final sebelum kemudian dikalahkan Swedia.

Sayang, Arab Saudi tidak pernah berhasil kembali lolos ke fase gugur di Piala Dunia berikutnya. Di Piala Dunia 2002 yang diadakan di Jepang dan Korea, Arab Saudi bahkan kalah telak 0-8 dari Jerman.

Di Asia, taji Arab Saudi cukup perkasa dengan tiga kali  menjuarai Piala Asia yakni pada 1984, 1988, dan 1996.

Sepanjang keikutsertaan di Piala Dunia, Rusia (tanpa menghitung rekor Uni Soviet) tercatat lima kali menang, dua kali seri dan tiga kali kalah. Sementara itu Saudi mengoleksi delapan kali kalah, dua kali seri, dan sekali menang melawan Belgia 1-0 pada 1994.

Rusia punya catatan sekali menang, sekali seri, dan sekali kalah saat menghadapi tim dari Asia di Piala Dunia.

Kemungkinan line up Rusia:

Akinfeev; Smolnikov, Kutepov, Ignashevich; Samedov, Zobrin, Gazinskiy, Zhirkov; Dzagoev, Smolov, Golovin

Kemungkinan line up Arab Saudi:

Al Maiouf; Al Shahrani, Os Hawsawi, Om Hawsawi, Al Hardi; Otayf; Al Shehri, Al Jassim, Al Faraj, Al Dawsari; Al Muwallad Al Harbi

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Adplus Tokopedia