Advertisement

Islandia Bisa Menjadi Tim Kejutan

Jafar Sodiq Assegaf
Kamis, 14 Juni 2018 - 14:42 WIB
Sugeng Pranyoto
Islandia Bisa Menjadi Tim Kejutan Timnas Islandia. (Reuters)

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO - Gagal 13 kali pada babak kualifikasi, akhirnya Islandia membuat sejarah dengan lolos untuk kali pertama menuju putaran final Piala Dunia 2018. Artinya Islandia butuh waktu 88 tahun untuk bisa menembus level sepak bola tertinggi dunia.

Dalam ajang empat tahunan tersebut, Islandia berada di Grup D bersama Kroasia, Argentina dan Nigeria. Mereka lolos ke Piala Dunia setelah menjadi pemuncak klasemen Grup I dengan 22 poin dari 10 partai dalam Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Advertisement

Adapun prestasinya di Piala Eropa, tim asuhan Heimir Hallgrímsson ini pertama kalinya lolos ke Piala Eropa pada 2016 dan berakhir di babak delapan besar.

Pada Euro 2016, Islandia menjadi sensasi. Islandia mengalahkan Inggris 2-1 di babak 16 besar dan berhasil lolos ke perempat final. Sayang, di perempat final, Islandia takluk 2-5 dari tuan rumah Perancis.

Kunci bagi Islandia untuk membuat kejutan ada di laga perdana melawan Argentina pada tanggal 16 Juni. Ya, bila berhasil membungkam Lionel Messi CS, Islandia akan kembali menjadi sensasi dan berpotensi untuk melangkah jauh.

Islandia memastikan diri merebut tiket Piala Dunia 2018 dengan menjadi juara Grup I Babak Kualifikasi Zona Eropa. Hebatnya rival-rival Islandia tidak bisa dibilang mudah. Ada negara-negara seperti Kroasia, Ukraina, dan Turki yang merupakan tim kuat. Islandia menjadi juara grup dengan 22 poin mengungguli Kroasia yang berada di peringkat kedua.

Meski baru menjejakkan kaki di ajang Piala Dunia untuk pertama kalinya, Islandia sejatinya punya deretan pemain yang cukup diandalkan.
Sejumlah pemainnya bahkan terlibat di kompetisi sepakbola kasta tertinggi seperti Liga Primer Inggris.

Beberapa dari mereka bahkan bergabung dengan klub-klub yang cukup besar di Inggris, seperti Everton, Aston Villa, Cardiff City, hingga Bristol City.

Berikut daftar skuad Islandia untuk Piala Dunia 2018 seperti dikutip Solopos.com dari Reuters, Rabu (13/6/2018);

Kiper: Hanes Halldorsson, Runar, Runarsson, Frederik Schram

Bek: Kari Arnason, Holmar Eyjofsson, Rurik Gislason, Sverrir Ingason, Hordur Magnusson, Birkir Saeversson, Ragnar Siggurdsson, Ari Skulason.

Gelandang: Birkir Bjarnason, Samuel Fridjonsson, Johann Gudmundsson, Aron Gunnarsson, Emil Hallfredsson, Gylfi Sigurdsson, Olafur Skuliason, Arnor Traustason

Penyerang: Jon Bodvarsson, Alfred Finnbogason, Albert Budmundsson, Bjorn Sigurdarson.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : jibi/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement