Peru Berharap Tren Positif Berlanjut

Timnas Peru. (Reuters)
14 Juni 2018 12:40 WIB Jafar Sodiq Assegaf Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SOLO - Gelaran Piala Dunia 1930 merupakan ajang piala dunia pertama yang diikuti Tim Nasional Peru. Hanya hingga kini Peru tak punya sejarah bagus. Sebelum lolos ke Piala Dunia 2018 ini, mereka cuma pernah ikut empat kali dalam kompetisi sepak bola terakbar di dunia ini.

Pada Piala Dunia 1934, Peru menyatakan mundur dari ajang tersebut. Peru juga kembali mundur dalam Piala Dunia 1950 dan 1954. Peru kembali tampil dalam Piala Dunia pada 1970 dan berhasil hingga perempatfinal. Setelah itu, Peru kembali lolos dalam Piala Dunia 1978 dan 1982.

Pada Piala Dunia 2018, tim asuhan Ricardo Gareca kembali lolos setelah penantian panjang.

Pencapaian terbaik Peru di Piala Dunia hanyalah lolos ketika lolos ke babak perempat final pada edisi 1970. Kala itu Felix Alberto Gallardo dan Teofilo Juan Cubillas menjadi dua sosok yang membuat Peru amat garang. Sayangnya, mereka terhenti setelah dikalahkan Brasil-nya Pele.

Namun jika berkaca pada peringkat FIFA terbaru, Peru terbilang cukup menjanjikan. Peru menempati posisi 11 di dunia dan 4 di zona Conmebol yang membuktikan bahwa mereka tampil konsisten dalam beberapa bulan terakhir ini.

Bahkan dalam 6 pertandingan terakhir, Peru selalu bisa menang dengan mencetak 16 gol serta hanya kebobolan 3 gol saja. Di dua pertandingan terakhir, anak asuhan Ricardo Gareca mampu mengalahkan dua kontestan Piala Dunia asal Eropa, Kroasia serta Islandia. Jelas Peru tidak bisa diremehkan sama sekali.

Sejauh ini, Peru baru merilis 24 nama awal yang akan berangkat ke Rusia. Sang pelatih, Gareca, memanggil seluruh pemain yang bermain di luar Benua Amerika, seperti Jefferson Farfan (Lokomotiv Moskow), Renato Tapia (Feyenoord), Paolo Hurtado (Vitoria Guimaraes), Sergio Pena (Granada), Edison Flores (Aalborg BK), dan Andre Carillo (Watford).

Namun, Peru akan kehilangan pemain paling berpengalaman sekaligus kapten mereka, Paolo Guerrero, yang dihukum 14 bulan larangan bermain oleh FIFA akibat terbukti menggunakan kokain. Demi mendukung Guerrero tetap bermain di Rusia, tiga kapten kontestan Grup C lain, Hugo Lloris (Prancis), Mile Jedinak (Australia), dan Simon Kjaer (Denmark) memberikan petisi dukungan untuk Guerrero kepada FIFA.

Berikut daftar skuad Peru untuk Piala Dunia 2018 seperti dikutip Solopos.com dari Reuters, Rabu (13/6/2018);

Kiper: Carlos Cáceda, Pedro Gallese, Leao Butron

Bek: Alberto Rodriguez, Christian Ramos, Luis Advincula, Aldo Corzo, Miguel Trauco, Miguel Araujo, Luis Abram, Nilson Loyola, Anderson Santamaria

Gelandang: Yoshimar Yotun, Christian Cueva, Paolo Hurtado, Renato Tapia, Edison Flores, Cristian Benavente, Andy Polo, Pedro Aquino, Sergio Pena

Penyerang: Jefferson Farfan, Andre Carrilo, Raul Ruidiaz, Paolo Guerrero 

Sumber : jibi/Solopos