Advertisement

Pemain Timnas Spanyol ini Menentang Pemecatan Julen Lopetegui

Newswire
Rabu, 13 Juni 2018 - 23:25 WIB
Anton Wahyu Prihartono
Pemain Timnas Spanyol ini Menentang Pemecatan Julen Lopetegui Fernando Hierro dalam jumpa pers di Krasnodar, Rusia, Rabu (13/06/2018) waktu setempat. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, MADRID-Ada tugas yang harus diemban Fernando Hierro mana kala diberi tugas menjadi pelatih Timnas Spanyol yakni membereskan kekacauan yang ada di tubuh Timnas. Sebab, ada beberapa pemain timnas yang diduga menentang pemecatan Julen Lopetegei. Terlebih lagi, Spanyol akan menghadapi kandidat terkuat yakni Portugal.

Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) membuat keputusan mengejutkan dengan memecat pelatih mereka Julen Lopetegui. Pemecatan itu dilakukan dua hari menjelang laga pembukaan Piala Dunia di Rusia. Sebagai gantinya, RFEF menunjuk mantan Kapten Timnas Spanyol, Fernando Hierro sebagai pelatih. Hierro ditunjuk untuk membawa Spanyol meraih trofi Piala Dunia. Namun, mantan pemain Real Madrid tersebut harus membereskan persoalan internal tim pascapemecatan Julen Lopetegui.

Advertisement

Berdasarkan laporan media lokal Spanyol sebgaimana dikutip dari Reuters, Rabu (13/06/2018), mayoritas skuad menentang keputusan Presiden RFEF Luis Rubiales yang memecat Julen Lopetegui karena menyetujui untuk menjadi pelatih baru Real setelah Piala Dunia tanpa meminta izin RFEF sebelumnya. Ada beberapa pemain inti Timnas Spanyol yang dinilai paling vokal menentang keputusan RFEF David de Gea, Dani Carvajal, Isco, Thiago Alcantara, dan Koke. Sebab, pemain-pemain itulah yang diorbitkan Julen Lopetegui ke timnas senior. Mereka tetap berharap Julen Lopetegui tetap dipertahankan. Alasannya, tidak mudah untuk dapat memahami pola pikir sang pelatih baru.

Maka dari itu, tugas pertama Hierro adalah menyatukan grup. Ini seperti saat-saat di mana timnas harus berenang atau akan tenggelam. Sebenarnya, apa yang dilakukan Julan bukan kali pertama dilakukan oleh pelatih Spanyol. Pelatih Timnas Spanyol yang sukses membawa mereka menjuarai Piala Eropa 2008, Luis Aragones, meneken kontrak untuk melatih Fenerbahce pada malam semifinal turnamen itu dan hal itu sama sekali tidak mempengaruhi timnas.

Namun, ada sedikit keuntungan karena Hierro adalah Direktur Olahraga di RFEF. Setelah menjadi bagian dari staf teknis di Rusia, ia diyakini memiliki hubungan yang baik dengan skuad. Sebagai veteran dengan 89 penampilan Timnas Spanyol tidak seorang pun dapat mengatakan bahwa ia tidak paham bagaimana cara menghadapi turnamen sepak bola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Reuters

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Proliga Hari Pertama, Jakarta Pertamina Enduro Kalahkan Bandung BJB

Olahraga
| Jum'at, 26 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement