Piala Dunia 2026 akan Datangkan Keuntungan 11 Miliar Dolar AS

Suasana kongres FIFA di Moskwa. - Reuters/Sergei Karpukhin
13 Juni 2018 22:54 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, MOSKWA-Asosiasi Sepakbola Dunia (FIFA) telah memutuskan perhelatan Piala Dunia 2026 akan dilangsungkan di tiga negara yakni Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Untuk kali pertama, Piala Dunia memilih tiga negara dan untuk kali pertama pula pesertanya sebanyak 48 negara.

Sebagaimana dikutip dari Antara, sebanyak 80 pertandingan akan dilangsungkan. Namun, Amerika Serikan menjadi negara paling banyak penyelenggaraan pertandingan yakni 60 pertandingan. Sisanya, Kanada 10 pertandingan dan Meksiko 10 pertandingan. Final tetap akan dilangsungkan di Amerika Serikat tepatnya di Metlife Stadium di New Jersey, AS, yang juga markas klub NFL New York Giants dan New York Jets.

Perhelatan Piala Dunia 2026 juga diprediksi akan mendatangkan keuntungan berlimpah yakni 11 miliar dolar AS. Piala Dunia di Amerika Utara itu juga diproyeksikan meraup lima miliar dolar dari aktivitas ekonomi jangka pendek, termasuk menciptaan 40.000 lapangan pekerjaan dan lebih dari 1 miliar dolar penghasilan tambahan untuk kota-kota dan negara tuan rumah.

Setidaknya lebih dari 5,8 juta tiket akan terjual dan diperkirakan akan menghasilkan sekitar 2 miliar dolar AS. Sebab, pehelatan ini akan ada 23 kota yang menjadi kandidat penyelenggara pertandingan Piala Dunia 2026, di mana 16 akan dipilih. Kota di AS yang menjadi kandidat adalah Atlanta, Baltimore, Boston, Cincinnati, Dallas, Denver, Houston, Kansas City, Los Angeles, Miami, Nashville, New York/New Jersey, Orlando, Philadelphia, San Francisco, Seattle, dan Washington.

Sumber : Antara