PIALA DUNIA 2018: Albert Celades Jadi Pelatih Spanyol untuk Sementara

Albert Celades - Diario AS
13 Juni 2018 19:10 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pelatih Spanyol U-21 Albert Celades akan menggantikan posisi Julen Lopetegui untuk sementara. Celades bakal memimpin Spanyol saat menghadapi Portugal dalam laga perdana Grup B, Sabtu (16/6/2018) WIB.

Jaringan radio Spanyol Cadena Ser, sebagaimana dikutip dari Football Espana, mengatakan Celades bakal mengambil alih tim menyusul pemecatan Julen Lopetegui.

Celades, mantan gelandang Barcelona, Real Madrid, dan Celta Vigo, tak terlalu impresif bersama Spanyol U-21. Tahun lalu dia berhasil membawa Marcos Asensio CS ke final Euro U-23 tetapi kalah dari Jerman. Prestasinya di Spanyol junior masih kalah dari Lopetegui maupun Luis Milla yang kini membesut Timnas Indonesia. Milla maupun Lopetegui pernah menjadi juara Euro U-21.

Celades mulai melatih Spanyol U-21 pada 2014. Dia kerap dikritik karena terlalu bergantung pada segelintir pemain, misalnya memaksakan Gerard Deulofeu turun meski si pemain dibebat cedera. Celades yang kini berusia 42 tahun akan didampingi Fernando Hierro di Piala Dunia 2018 ini.

Spanyol berada di Grup B bersama Portugal, Maroko, dan Iran. Di atas kertas, La Roja bakal gampang melaju ke fase gugur.

Julen Lopetegui dipecat dari kursi pelatih Spanyol, Rabu (13/6/2018), dua hari sebelum Spanyol menghadapi Portugal. Sehari sebelumnya, Real Madrid mengumumkan Lopetegui bakal menangani klub tersebut untuk menggantikan Zinedine Zidane. Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) marah dan kecewa karena tak diberi tahu ihwal kontrak antara Madrid dan Lopetegui. Imbasnya, RFEF memecat Lopetegui.

“Lopetegui adalah pelatih hebat. Tetapi kami tak bisa menerima kelakukannya. Kami tahu keputusannya menerima pekerjaan di Madrid lima menit sebelum konferensi pers. Kami tidak tahun sama sekali. Saya tak merasa dikhianati. Namun, siapa saja yang ingin bernegosiasi dengan pelatih yang bekerja di bawah kami seharusnya memberitahukan ke kami, apalagi tim nasional menyangkut kepentingan seluruh bangsa,” ucap Presiden RFEF Luis Rubiales.