PIALA DUNIA 2018: Spanyol Pecat Julen Lopetegui!

Julen Lopetegui - Reuters/Juan Medina
13 Juni 2018 17:40 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Spanyol dilanda prahara. Pelatih Julen Lopetegui dipecat hanya beberapa jam setelah dia menyetujui kontrak dengan Real Madrid.

Lopetegui pada Selasa (12/6/2018) menandatangani kontrak tiga tahun untuk mengganti Zinedine Zidane di Real Madrid. Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) menganggap kesepakatan dengan klub saat Spanyol bersiap menuju Piala Dunia 2018 adalah sikap yang tidak pantas.

Presiden RFEF Luis Rubiales yang sedianya menghadiri Kongres FIFA di Moskwa, Rusia, Rabu (13/6/2018) ini akhirnya terbang ke Krasnodar, tempat pemusatan latihan La Furia Roja, untuk membereskan masalah ini.

“Kami memutuskan untuk memecat pelatih tim nasional. Kami harap dia beruntun,” ujar Rubiales sebagaimana dilansir Guardian, Rabu.

“Negosiasi [antara Lopetegui dan Real Madrid] terjadi tanpa sepengetahuan RFEF. Kami diberi tahu hanya lima menit sebelum konferensi pers [pengumuman perekrutan Lopetegui oleh Madrid pada Selasa waktu Spanyol]. Ada cara bertindak yang tidak pantas.”

Spanyol akan menghadapi Portugal di laga pertama Grup B, Sabtu (16/6/2018) dini hari WIB. Hingga kini, RFEF belum memutuskan pengganti Lopetegui yang akan mendampingi La Roja di Rusia.