PIALA DUNIA 2018: 10 Rekor yang Berpotensi Pecah di Rusia, Salah Satunya Bisa Tercipta di Pertandingan Kedua

Kiper Mesir Essam El-Hadary bersalaman dengan Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi. - Reuters/The Egyptian Presidency
12 Juni 2018 21:25 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Rekor diciptakan untuk dipecahkan. Di Piala Dunia 2018 ini, ada setidaknya 10 rekor yang berpotensi diperbarui. Ini daftarnya.

 

135

135 tahun dan tiga bulan adalah kombinasi usia pelatih Oscar Tabarez dan Fernando Santos jika Uruguay dan Portugal lolos ke fase gugur dan saling berhadapan. Ini adalah kombinasi usia tertua pelatih dalam satu laga Piala Dunia. Rekor saat ini adalah 133 tahun sembilan bulan, kombinasi usia Otto Rehhagel dan Lars Lagerback ketika Yunani menghadapi Nigeria di Piala Dunia 2010.

 

45

Usia kiper Mesir Essam El-Hadary adalah 45 tahun lima bulan. Jika diturunkan saat menghadapi Uruguay, Jumat (15/6/2018) malam, El-Hadary bakal memecahkan rekor pemain tertua di Piala Dunia yang masih dipegang kiper Kolombia Faryd Mondragon (43 tahun tiga haru) yang turun di Piala Dunia 2014. Mesir melawan Uruguay adalah pertandingan kedua di Piala Dunia 2018.

 

13

Brasil memegang rekor laga tak terkalahkan, yakni 13 kali. Sejak kalah dari Hungaria di perempat final Piala Dunia 1954, Brasil baru kalah (lagi-lagi dari Hungaria) di fase grup Piala Dunia 1966. Jerman berpotensi memecahkan rekor tersebut, Kali terakhir Jerman kalah adalah pada semifinal Piala Dunia 2010 dari Spanyol (0-1). Jerman kini sudah mengantongi rekor delapan kali tak terkalahkan. Jika tak terkalahkan di fase grup dan berhasil melaju hingga partai puncak, Die Mannschaft akan memecahkan rekor Hungaria.

 

6

Diego Maradona mencetak enam gol selama memegang ban kapten Argentina. Lionel Messi yang saat ini menjadi kapten tim Tango butuh tiga gol lagi untuk mengalahkan catatan pendahulunya.

 

6

Meksiko mencatat rekor enam kali tak terkalahkan dalam waktu normal di Piala Dunia 1994 dan 1998. Ini adalah pencapaian terbaik tim dari Zona Concacaf. Kosta Rika tidak terkalahkan di lima laga (dalam waktu normal) pada Piala Dunia 2014 dan hanya butuh setidaknya dua hasil seri di fase grup untuk mengalahkan catatan Meksiko.

 

5

Penyerang Jerman Thomas Muller selalu mencetak lebih dari empat gol di dua Piala Dunia. Hanya kompatriotnya, Miroslav Klose, dan legenda Peru Teofilo Cubillas yang menyamai catatan itu. Jika Muller mampu mencetak setidaknya lima gol lagi di Rusia, dia bakal menjadi pemain pertama yang bisa melesakkan lebih dari empat gol di tiap Piala Dunia, sekaligus mendekati rekor abadi top scorer Piala Dunia yang kini dipegang Klose (16).

 

5

Rafa Marquez bakal menjadi orang ketiga (dan orang Meksiko kedua) setelah Antonio Carbajal dan Lothar Matthaus yang bermain di lima Piala Dunia. Gigi Buffon sebenarnya juga sudah ikut lima Piala Dunia, tetapi pada 1998 dia tak dimainkan.

 

5

Belgia memegang rekor hasil imbang beruntun terbanyak, yakni lima kali pada 1998 dan 2002. Kosta Rika mencatan hasil imbang tiga kali beruntun pada 2014.

 

4

Tim Cahill (Australia), Meksiko (Rafa Marquez) dan Cristiano Ronaldo (Portugal) bakal mencatat rekor mencetak gol di empat edisi Piala Dunia apabile mereka mampu menjebol gawang lawan di Rusia nanti. Saat ini, sudah ada tiga pemain yang mencetak gol di empat Piala Dunia, yakni Pele (Brasil) dan duo Jerman Miroslav Klose serta Uwe Seeler.

 

3

Tiga orang bakal menjadi juara Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih apabila Didier Deschamps mampu membawa Prancis merengkuh trofi. Dua orang yang sudah mencatat pencapaian tersebut adalah Mario Zagallo (Brasil) dan Franz Beckenbauer (Jerman).

Sumber : fifa.com