Advertisement

PIALA DUNIA 2018: Serbia Andalkan Alumni Piala Dunia Junior (Yang Pernah Didambakan Evan Dimas CS)

Budi Cahyana
Jum'at, 25 Mei 2018 - 02:25 WIB
Budi Cahyana
PIALA DUNIA 2018: Serbia Andalkan Alumni Piala Dunia Junior (Yang Pernah Didambakan Evan Dimas CS) Aleksandar Mitrovic, salah satu pemain muda yang menjadi tumpuan Serbia. - Reuters/Matthew Childs

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Serbia akan mengandalkan pemain muda yang menjuarai Piala Dunia Junior 2015 di Piala Dunia 2018 nanti.

Dalam 27 pemain di skuat sementara yang dibawa pelatih Mladen Krstajic, terdapat 11 pemain berumur di bawah 23 tahun. Tujuh di antara mereka adalah alumnus Piala Dunia U-23 di Selandia tiga tahun lalu, yaitu kiper Predrag Rajkovic; bek Milos Veljkovic; serta gelandang Sergej Milinkovic-Savic, Marko Grujic, Mijat Gacinovic, Andrija Zivkovic, dan Nemanja Maksimovic. Krstajic juga membawa dua pemain berusia 20 tahun: bek Nikola Milenkovic dan striker Luka Jovic.

Advertisement

Piala Dunia Junior 2015 pernah lekat dalam benak publik sepak bola Indonesia. Timnas U-19 yang diasuh Indra Sjafri lolos ke Piala Asia. Seandainya mampu melaju ke semifinal, Evan Dimas CS bakal melaju ke Selandia Baru. Sayangnya, Indonesia U-19 kandas di fase grup. Wakil Asia dalam Piala Dunia U-20 di Selandia baru adalah semifinalis Piala Asia U-19 2014: Myanmar, Korea Utara, Qatar, dan Uzbekistan.

Dalam ajang itu, Serbia menjadi juara setelah mengalahkan Brasil yang diperkuat Gabriel Jesus di final. Dua gol Serbia dilesakkan Stanisa Mandic yang sekarang membela Timnas Montenegro dan Nemanja Maksimovic yang dibawa kemungkinan besar bakal dibawa Krstajic ke Rusia.

Sergej Milinkovic-Savic, alumnus Piala Dunia U-20 2015 yang melesat bersama Lazio dan sekarang menjadi pilar Timnas Serbia. (Reuters)

Senior Tersingkir

Sementara, tiga pemain senior yang terdepak dari skuat Serbia menuju Piala Dunia 2018 adalah bek Dusan Basta, serta gelandang Nemanja Gudelj dan Zoran Tosic. Krstajic tetap menyertakan pemain-pemain gaek yang punya pengalaman segudang seperti Aleksandar Kolarov, Branislav Ivanovic, dan Nemanja Matic. Mayoritas pemain Serbia berlaga di luar negeri. Hanya ada tiga pemain yang berkompetisi di liga domestik Serbia, yakni kiper Vladimir Stojkovic, bek Milan Rodic, dan gelandang Nemanja Radonjic. Adapun bek tengah Matija Nastasic yang masih dalam pemulihan cedera lutut disertakan dalam skuat.

“Nastasic adalah bek kunci dan kami berharap dia lekas pulih. Dia akan menjalani pemeriksaan kesehatan pada Sabtu [26/5/2018] besok. Hasilnya akan menentukan apakah dia masuk dalam skuat final atau terpaksa kami tinggalkan,” ujar Krstajic sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (24/5/2018).

Krstajic akan mencoret empat pemain sebelum batas akhir pendaftaran skuat final pada 4 Juni nanti. Dia yakin skuat muda yang dibawa ke Piala Dunia 2018 akan banyak berbicara di Rusia nanti.

Para pemain dalam skuat sementara akan dites lewat dia uji coba melawan Cile pada 4 Juni dan Bolivia 9 Juni.

Di Rusia, Serbia bergabung di Grup E. Kesebelasan yang pernah berjaya dengan nama Yugoslavia ini memulai petualangan di Piala Dunia 2018 pada 17 Juni melawan Kosta Rika. Serbia kemudian menghadapi Swiss (22 Juni), dan Brasil (27 Juni).

 

SKUAT SEMENTARA SERBIA UNTUK PIALA DUNIA 2018

Kiper

Vladimir Stojkovic (Partizan Belgrade), Predrag Rajkovic (Maccabi Tel Aviv, Israel), Marko Dmitrovic (Eibar, Spanyol), Aleksandar Jovanovic (Aarhus, Denmark).

Bek

Aleksandar Kolarov (AS Roma, Italia), Branislav Ivanovic (Zenit St. Petersburg, Rusia), Dusko Tosic (Guangzhou R&F, Tiongkok), Antonio Rukavina (Villarreal, Spanyol), Milos Veljkovic (Werder Bremen, Jerman), Milan Rodic (Red Star Belgrade), Uros Spajic (Krasnodar, Rusia), Matija Nastasic (Schalke 04, Jerman), Nikola Milenkovic (Fiorentina, Italia).

Gelandang

Nemanja Matic (Manchester United, Inggris), Luka Milivojevic (Crystal Palace, Inggris), Sergej Milinkovic-Savic (Lazio, Italia), Marko Grujic (Cardiff City, Inggris), Adem Ljajic (Torino, Italia), Dusan Tadic (Southampton, Inggris), Mijat Gacinovic (Eintracht Frankfurt, Jerman), Filip Kostic (Hamburg SV, Jerman), Andrija Zivkovic (Benfica, Portugal), Nemanja Radonjic (Red Star Belgrade), Nemanja Maksimovic (Valencia, Spanyol).

Striker

Aleksandar Mitrovic (Newcastle United, Inggris), Aleksandar Prijovic (PAOK Salonika, Yunani), Luka Jovic (Eintracht Frankfurt, Jerman).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Portugal 2024: Bagnaia Buka Suara Terkait Insidennya dengan Marc Marquez

Olahraga
| Senin, 25 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement