Federasi Sepak Bola Spanyol Dipimpin Mantan Bek Levante

Luis Rubiales (kiri) sesaat setelah terpilih untuk memimpin Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) pada Jumat WIB (18/5/2018). - Reuters/Sergio Perez
18 Mei 2018 19:40 WIB Newswire Sepakbola Share :
Adplus Tokopedia

Harianjogja.com, JAKARTA – Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (Real Federacion Española de Ftbol/RFEF) dipilih pada Jumat dini hari WIB (18/5/2018). Mantan pemain belakang Luis Rubiales akhirnya yang menjadi orang nomor satu di tubuh RFEF.

Terpilihnya Rubiales, 40 tahun, mewakili perubahan administrasi gaya lama dan mandatnya termasuk modernisasi struktur, meningkatnya omzet, dan mengubah federasi ini menjadi organisasi yang lebih transparan.

"Saya akan memberikan segalanya untuk federasi. Sepak bola putri, futsal, sepak bola pantai. Semua permainan itu memerlukan keterlibatan kami di sini. Kami telah mengambil langkah menuju masa depan. Tak seorang pun akan mengalahkan kami perihal kerja; perubahannya tidak terhentikan," ungkapnya.

RFEF tidak memiliki presiden permanen sejak Desember, menyusul pemecatan Angel Maria Villar yang menguasai posisinya selama 29 tahun.

Dia ditangkap pada Juli tahun lalu bersama dengan putranya Gorka dan sejumlah pejabat sepak bola lainnya terkait dakwaan-dakwaan korupsi.

Villar mengundurkan diri dari posisi Wakil Presiden Federation Internationale de Football Association (FIFA) dan Union of European Football Association (UEFA), tetapi bertahan memimpin RFEF, sehingga memicu Pengadilan Administratif untuk Olahraga Spanyol ikut campur untuk membebastugaskannya.

Rubiales bermain untuk beberapa klub medioker Spanyol antara lain Real Mallorca, Levante, dan Xerez, setelah menjalani sistem pendidikan pemain di Valencia dan Atletico Madrid, dan menyelesaikan karier bermainnya pada 2009 bersama Hamilton Academical, klub Liga Primer Skotlandia.

Setahun kemudian dia terpilih sebagai Presiden Asosiasi Pesepak Bola Spanyol (Asociacion de Futbolistas Espanoles/AFE), posisi yang digenggamnya sampai tahun lalu mengumumkan pencalonan untuk memimpin RFEF.

Sumber : Antara/Reuters

Adplus Tokopedia