Advertisement

Salah & City Cetak Rekor

Hanifah Kusumastuti
Senin, 14 Mei 2018 - 19:40 WIB
Sugeng Pranyoto
Salah & City Cetak Rekor Mohamed Salah meraih golden boot (Reuters/Carl Recine)

Advertisement

Harianjogja.com, LIVERPOOL — Sejumlah pihak sempat meragukan kemampuan Mohamed Salah. “Banyak orang yang berkata, ‘dia tidak bisa sukses bermain di Liga Premier’. Itu selalu menghantui pikiranku dan saya ingin membuktikan omongan mereka salah.” Begitulah pengakuan Mohamed Salah beberapa waktu lalu. Pernah menjadi bahan cibiran di Chelsea tak membuatnya jera untuk kembali mengarungi Liga Inggris bersama Liverpool musim ini.

Pada musim perdananya bersama tim berjuluk The Reds tersebut, Salah langsung tampil fenomenal. Dia mencetak gol ke-32 miliknya ketika Liverpool membantai Brighton Hove Albion 4-0 pada laga penutup musim ini di Anfield, Minggu (13/5/2018) malam WIB.

Advertisement

Gol tersebut sekaligus memastikannya sebagai top scorer Liga Premier Inggris 2017/2018. Dia mengungguli bomber Tottenham Hotspur, Harry Kane, yang finis dengan 30 gol setelah mencetak brace saat timnya menundukkan Leicester City 5-4 di Wembley, Minggu malam WIB.

Bukan hanya itu, Salah menorehkan sejarah baru sebagai pemain tersubur dalam semusim di era 38 laga Liga Premier Inggris. Dia menyalip rekor Luis Suarez (2013/2014), Cristiano Ronaldo (2007/2008), dan Alan Shearer (1995/1996) yang masing-masing pernah mencetak 31 gol dalam semusim di kompetisi kasta tertinggi Inggris ini.

Kemenangan telak ini menggaransi Liverpool di zona empat besar dan lolos ke Liga Champions musim depan. Pasukan Jurgen Klopp mengalahkan klub yang pernah membuang Salah, Chelsea. Di saat Liverpool berpesta gol ke gawang Brighton, gawang Chelsea justru dikoyak tiga kali oleh Newcastle United di St. James Park. Chelsea pun mengakhiri musim ini di posisi kelima dan tampil Liga Europa musim depan.

Manchester City juga mengukir sejarah tepat di final day ini. The Citizens yang telah memastikan diri juara musim ini mengukir rekor sebagai tim pertama yang mampu menembus 100 poin. Rekor jumlah poin tertinggi sepanjang masa itu dicetak secara dramatis setelah bomber City, Gabriel Jesus, melesakkan gol ke gawang Southampton pada menit ke-90+4.

Pasukan Guardiola sebelumnya juga sudah mengukir sejarah sebagai tim tersubur yang bisa melewati 100 gol. The Citizens pun menuntaskannya dengan mengoleksi total 106 gol. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Proliga 2024 Kamis 24 April, Pertandingan Pertama LavAni vs Garuda Jaya

Olahraga
| Kamis, 25 April 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement