Arsenal Vs Atletico: Demi Perpisahan Sempurna Profesor

Arsene Wenger - Reuters/Jason Caindurff
26 April 2018 07:25 WIB Hanifah Kusumastuti Sepakbola Share :
Adplus Tokopedia

Harianjogja.com, JOGJA—Bagaimana Arsene Wenger bakal mengakhiri rezim yang dipimpinnya selama hampir 22 tahun bersama Arsenal? Jawaban dari pertanyaan tersebut akan diketahui akhir musim ini.

Yang pasti, Wenger sudah tidak akan menakhodai tim asal London Utara ini musim depan. Pelatih berjuluk Profesor ini telah mengumumkan akan menyudahi jabatan yang sudah diembannya sejak 1996 tersebut akhir musim nanti.

Gelar Liga Europa menjadi satu-satunya kado perpisahan yang realistis untuk membuat Wenger menuntaskan dinastinya di Arsenal dengan manis. Prestasi Arsenal di kancah domestik memang sudah tidak bisa diharapkan. Selain tersingkir prematur dari Piala FA dan Piala Liga, Mesut Ozil dkk. tenggelam ke posisi keenam klasemen sementara dengan tertinggal 33 poin dari Manchester City yang telah memastikan diri sebagai juara. Itu bisa menjadi finis terburuk Arsenal sejak mereka menuntaskan musim 1994/1995 di posisi ke-12 klasemen.

Keberhasilan meraih trofi Liga Europa sekaligus bisa menjadi jalur pintas membawa Arsenal kembali ke Liga Champions musim depan. Musim ini, The Gunners sudah absen di pentas sepak bola paling glamor di Eropa tersebut setelah musim lalu hanya finis kelima di klasemen akhir Liga Premier itu.

“Jujur, saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan ketika saya ambil jeda nanti. Kebanggaanku selalu memberikan yang terbaik di mana saya bekerja sampai hari terakhir kontraku. Saat ini, saya belum berkomitmen apa-apa. Saya hanya ingin memberikan yang terbaik untuk Arsenal,” tegas Wenger yang telah mempersembahkan 17 trofi untuk Arsenal, seperti dilansir dailymail.co.uk, Rabu (25/4).

Namun keinginan untuk menggelar perpisahan sempurna untuk Wenger tidak akan mudah. Arsenal bertemu tim langganan Liga Champions, Atletico Madrid, pada semifinal Liga Europa. The Gunners bakal menjadi tuan rumah pada leg pertama di Emirates Stadium, London, Jumat (27/4) pukul 02.05 WIB (disiarkan langsung SCTV dan Bein Sports 1).

Dua tim ini belum pernah bertemu di laga resmi kompetisi bikinan UEFA tersebut. Sialnya, The Gunners memiliki rekor buruk melawan tim-tim Spanyol. Arsenal hanya menang 10 kali dan menelan 14 kekalahan dalam 31 duel kontra tim Negeri Matador. Terbaru, Arsenal dipecundangi Barcelona 0-2 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2015/2016.

Dua pemain Arsenal, winger Henrikh Mkhitaryan dan gelandang Mohamed Elneny, dipastikan absen karena cedera. Posisi sayap kanan serangan Arsenal akan diserahkan kepada Danny Welbeck. Sementara Granit Xhaka dan Aaron Ramsey akan ditempatkan sebagai double pivot untuk membendung serangan balik Atletico.

The Gunners wajib memperbaiki pertahanan mereka yang amburadul musim ini. Gawang Arsenal kebobolan 44 kali di Liga Premier musim ini, alias lebih buruk empat gol ketimbang Watford yang berdiri satu tangga di atas zona degradasi.

Arsenal pantas bernapas lega karena bomber Atletico, Diego Costa, tidak dalam kondisi fit 100 persen karena cedera. Namun menurut laporan media Spanyol, Marca, eks bomber Chelsea itu tetap masuk skuat Atletico yang diboyong terbang ke London.

Arsenal memiliki pengalaman buruk melawan Costa. Pemain berdarah Brasil itu beberapa kali memicu perselisihan dengan pemain Arsenal saat berkostum Chelsea. Tak jarang pemain Arsenal terprovokasi dan mendapat kartu merah. “Pemain yang akan saya turunkan di London tergantung bagaimana ideku pada hari itu,” jelas Pelatih Atletico, Diego Simeone, seperti dikutip marca.com.

Adplus Tokopedia