Advertisement

Ini Statistik Kemampuan Salah yang Bikin Keder Bek Lawan

Anton Wahyu Prihartono
Senin, 23 April 2018 - 20:05 WIB
Anton Wahyu Prihartono
Ini Statistik Kemampuan Salah yang Bikin Keder Bek Lawan Mohamed Salah dan Virgil Van Dijk dalam laga di Premier League. - Reuters/Andrew Yates

Advertisement

Harianjogja.com, LIVERPOOL-Di semifinal Liga Champions, ada dua pemain depan yang selalu menjadi bahan pembicaraan. Pertama, Critiano Ronaldo, pemain Real Madrid yang dalam Liga Champions ini sudah melesakkan 15 gol. Mantan pemain Manchester United tersebut menjadi top skorer sementara Liga Champions. Bahkan, dengan jumlah 15 gol tersebut Ronaldo sudah menjadi yang tertinggi nomor tiga sepanjang sejarah kompetisi tersebut. Hebatnya lagi, nomor satu dan dua juga diraih oleh pemain Timnas Portugal tersebut.

Kedua adalah Mohamed Salah, pemain depan Liverpool. Kalau soal jumlah gol, pemain Timnas Mesir tersebut tidak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan Ronaldo. Memang, Salah menempati posisi kedua dalam daftar pencetak gol terbanyak, tapi hanya sekitar separuh gol Ronaldo. Salah hingga kini mencetak delapan gol.

Advertisement

Namun, Salah tetap menjadi bahan pembicaraan di ajang liga paling glamor di Eropa tersebut. Di domestik, Liga Inggris, Salah telah mencetak 31 gol atau top skorer sementara. Total, Salah telah mencetak 40 gol di semua ajang kompetisi musim ini. Kenapa Salah harus diwaspadai para finalis Liga Champions, termasuk AS Roma yang bakal bertemu Liverpool Rabu (25/04/2018) dini hari WIB? Sebab, Salah selalu meneror barisan pertahanan lawan.

Bagaimana statistik kekuatan Salah? Sebagaimana dikutip dari liverpoolfc.com, salah telah mencetak 31 gol di Premier League. Kaki kiri pemain 25 tahun tersebut cukup mematikan. Dari 31 gol yang berhasil dilesakkan, 24 di antaranya ditorehkan melalui kaki kiri, lima gol melalui kaki kanan, dan dua gol melalui kepala.

Kalau sudah memasuki kotak penalti, Salah cukup mematikan. Dari 31 gol, 28 di antaranya dicetak dari dalam kotak penalti. Tiga gol berasal dari luar kotak. Salah telah melesakkan 104 tendangan, 64 di antaranya on target. Hingga saat ini Salah telah membuat 891 operan, 77% di antaranya akurat.

Dalam memenangkan dalam perbutan dan mempertahankan bola, pemain ini memiliki persentase 39%, atau 124 dimenangkan salah dan 192 Salah kalah. Dalam dual memperebutkan bola di udara, kemampuan Salah tak jelek-jelek amat. Dia memenangkan 30% duel di udara.

Soal kecepatan, pemain ini tak diragukan lagi. Sekali membawa bola, si kulit bundar akan selalu lengket. Jika sudah masuk area kotak penalti, bukan tidak mungkin bola akan meluncur cepat ke gawang lawan. Inilah yang akan diwaspadai AS Roma dan tim lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement