Advertisement

Wenger Pensiun, Ini Reaksi Para Pelatih dan Pemain

Anton Wahyu Prihartono
Jum'at, 20 April 2018 - 23:05 WIB
Anton Wahyu Prihartono
Wenger Pensiun, Ini Reaksi Para Pelatih dan Pemain Arsene Wenger saat mengangkat Piala FA pada 2017. - Reuters/Lee Smith

Advertisement

 

Harianjogja.com, LONDON-Manajer Arsenal Arsene Wenger resmi mengumumkan mengundurkan diri dari Arsenal pada akhir musim ini setelah 22 tahun menghabiskan waktunya di London Barat. Wenger dianggap sebagai salah satu pelatih yang sukses di Premier League karena berhasil mempersembahkan tigra trofi Premier League, tujuh trofi Piala FA dan tujuh trofi Community Shield. Keputusan pelatih berusia 68 tahun tersebut tentu saja mengagetkan para pelatih lainnya. Seperti apa komentarnya?

Advertisement

Sir Alex Ferguson

Mantan pelatih Manchester United Alex Ferguson menilai Wenger merupakan pelatih yang hebat dan berbakat. "Ini adalah bukti hebat atas bakat, profesionalisme, dan tekadnya bahwa dia telah mampu mendedikasikan 22 tahun hidupnya untuk pekerjaan yang dia sukai,” ujar Ferguson.

Hal ini sangat jarang terjadi di era kepelatihan saat ini di mana seorang pelatih hanya bertahan beberapa tahun. "Di era di mana manajer sepakbola kadang hanya bertahan satu atau dua musim. Ini menunjukkan prestasi dan harus dihormati karena bisa berada dalam waktu yang lama di klub seukuran Arsenal. Dia, tanpa diragukan lagi adalah salah satu manajer Premier League terbesar dan saya bangga telah menjadi saingan, rekan kerja, dan seorang teman bagi orang hebat seperti dia,” ujar Ferguson sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (20/04/2018)

Juergen Klopp

Manajer Liverpool, Juergen Klopp terkejut dengan keputusan Wenger yang begitu cepat mengundurkan diri. "Saya terkejut. Itu adalah keputusannya. Saya menghormati itu. Dia adalah pelatih yang memiliku pengaruh dalam sepakbola. Dia memiliki karier yang fantastis dan kepribadian yang luar biasa,” ujar pelatih asal Jerman tersebut.

Menurut Klopp, waktu 22 tahun merupakan periode yang sangat lama. "Dia ada di sana [Arsenal] begitu lama, 22 tahun adalah waktu yang lama. Dia adalah orang yang mendominasi pada pertengahan 1990-an, 2000-an. Sekarang berbeda karena kami harus menantang, tetapi jika di Jerman dia adalah pelatih besar dan bisa menjadi teladan. Saya berharap yang terbaik untuknya,” kata Klopp.

Pep Guardiola

Manajer Manchester City Josep Pep Guardiola mengatakan sosok Wenger sangat menghormati pelatih lain. "Arsene Wenger sangat menghormati saya. Aku berharap yang terbaik untuknya di masa depan. Tentu saja menyenangkan bisa berkompetisi dengannya," ujar pelatih asal Spanyol itu.

Rafael Benitez

Manajer Newcastle United, Rafael Benitez mengatakan Wenger adalah sosok teladan bagi semua orang. "Saya telah bertarung dengannya selama bertahun-tahun tetapi perilakunya cukup baik dan menjadi teladan bagi semua orang. Setiap orang punya rencana dan ide dan dia punya itu. Dia bertahan dengannya selama 22 tahun," kata dia.

David Moyes

Manajer West Ham United David Moyes mengatakan dunia sepakbola akan mengharga apa yang dilakukan Wenger. "Orang-orang di dunia sepak bola sejati akan menghargai apa yang telah dilakukannya. Dia hidup dan bernafas di dunia sepak bola. Dia telah didedikasikan untuk olahraga ini," kata dia.

Jupp Heynckes

Manajer Bayern Munich Jupp Heynckes mengatakan Wenger adalah pelatih sensasional. "Dia memiliki karier yang sensasional di Prancis dan Inggris selama 20 tahun atau lebih di Arsenal. Dia adalah salah satu pelatih top di Eropa. Karirnya yang luar biasa dan dia memberi pengaruh positif bagi sepakbola Inggris dengan filosofinya dan gaya permainannya,” kata dia.

Gary Neville

Mantan bek Manchester United Gary Neville telah membangun tim terbaik di Arsenal. "Arsene Wenger membangun tim terbaik yang saya mainkan dalam sepakbola Inggris. Tim 98 sangat luar biasa. Permainan sepakbolanya membuat kami mengubah cara kami bermain melawan mereka,” kata dia.

Hector Bellerin

Pemain Arsenal Hector Bellerin mengaku sedih atas keputusan Wenger. "Secara pribadi, ini hari yang sangat menyedihkan. Aku selamanya berhutang kepada orang ini. Orang yang memiliki keyakinan padaku dan memberiku landasan untuk maju. Terima kasih untuk semua kenangan dan pialanya bos," kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Reuters

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Portugal 2024: Bagnaia Buka Suara Terkait Insidennya dengan Marc Marquez

Olahraga
| Senin, 25 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement