Advertisement

Ini Hasil Pengabdian Wenger di Arsenal Selama 22 Tahun

Anton Wahyu Prihartono
Jum'at, 20 April 2018 - 21:10 WIB
Anton Wahyu Prihartono
Ini Hasil Pengabdian Wenger di Arsenal Selama 22 Tahun Arsene Wenger pada 2016. - Reuters/Stefan Wermuth

Advertisement

Harianjogja.com, LONDON-Selesai sudah pengabdian Arsene Wenger di Arsenal. Pelatih asal Prancis tersebu secara resmi mengumumkan bahwa musim ini adalah musim terakhir sebagai pelatih Arsenal. Artinya, Wenger hanya tinggal beberapa lagi mendampingi Mesut Ozil dkk di pinggir lapangan. Lalu apa saja yang didapatkan Wenger selama 22 tahun menjadi bos di Arsenal?

Wenger bergabung dengan Arsenal sejak Oktober 1996. Bisa dikatakan, Wenger telah menjadi bagian sejarah panjang Arsenal. Bahkan, Wenger adalah pelatih paling sukses dalam sejarah klub Liga Premier tersebut. Wenger juga jadi manajer yang paling lama nomor dua di sepak bola Inggris setelah Alex Ferguson yang menangani Manchester United selama 26 tahun 6 bulan.

Advertisement

Selama berada di Arsenal, Wenger telah memenangkan tiga trofi Premier League. Bahkan, pada musim 2003/2004, Wenger telah mencatatkan sejarah Premier League di mana pada musim itu Arsenal tak terkalahkan sepanjang kompetisi. Wenger juga mengisi lemari Arsenal dengan tujuh trofi Piala FA. Pelatih 68 tahun tersebut hanya butuh dua musim untuk berprestasi di Arsenal. Pada saat itu, mantan pelatih AS Monaco tersebut langsung meraih gelar ganda pada musim keduanya, 1997-1998. Wenger menjadi manajer asing pertama yang merengkuh gelar ganda di Inggris yakni menjuarai Premier League dan Piala FA.

Wenger juga melahirkan generasi emas di Arsenal di mana saat ini ada beberapa pemain top seperti Thierry Henry, Patric Vieira, Robin Van Persie, David Seaman, Tony Adams,. Dennis Bergkamp dan masih banyak lagi.

Namun, beberapa musim terakhir Wenger terus diusik. Bahkan, sebagian suporter nyata-nyata menerikkkan “Wengerout.” Ini tidak lepas dari prestasi Arsenal yang kurang bagus dalam beberapa musim terakhir. Kritikan paling tajam terjadi pada akhir musim lalu, namun nyatanya Wenger malah menandatangani kontrak selama dua musim pada 2017. Namun, pada musim ini prestasi The Gunners, julukan Arsenal, tidak menggembirakan. Di tabel klasemen, Arsenal berada di urutan keenam, terpaut 14 poin dari peringkat keempat di London Utara, Tottenham Hotspur dengan lima pertandingan tersisa. Kini, Arsenal masuk semifinal Liga Europa. Jika bisa menang di final, trofi Liga Europa merupakan trofi terakhir yang dipersembahkan The Professor, julukan Wenger, kepada fans Arsenal.

Bagi, Wenger berpisah dengan Arsenal adalah sesuatu yang berat. Keputusan mundur sudah dipertimbangkan dengan hati-hati. "Setelah mempertimbangkan dengan hati-hati dan mengikuti diskusi dengan klub, saya merasa ini adalah waktu yang tepat bagi saya untuk mundur pada akhir musim," kata Wenger dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Arsenal, Jumat (20/04/2018) sebagaimana dikutip dari Reuters.

Wenger meminta kepada fans Arsenal untuk terus memberikan dukungan kepada Alexandre Lacazette hingga akhir musim. "Saya bersyukur karena memiliki hak istimewa untuk melayani klub selama bertahun-tahun yang tak terlupakan. Saya mengelola klub dengan komitmen dan integritas penuh," kata Wenger.

Pemilik Arsenal, Stan Kroenke mengatakan ini merupakan hari yang sulit yang pernah Arsenal selama bertahun-tahun. "Salah satu alasan utama kami terlibat dengan Arsenal adalah karena apa yang telah dibawa Arsene ke klub dan di luar lapangan," katanya.

Dia mengatakan apa yang dilakukan Wenger yang membawa Arsenal ke level tinggi tidak akan pernah bisa ditandingi. Lalu siapa pengganti Wenger musim depan?

Ada beberapa nama yang dinilai pantas di antaranya Thomas Tuchel, mantan pelatih Borussia Dortmund. Selain itu ada nama Patric Vieira.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Ruters

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Proliga 2024 Kamis 24 April, Pertandingan Pertama LavAni vs Garuda Jaya

Olahraga
| Kamis, 25 April 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement