Ini Hitung-Hitungan Manchester City Juara Liga Premier

Pemain Manchester City. - Reuters/Carl Recine
15 April 2018 16:17 WIB Anton Wahyu Prihartono Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Manchester City bisa merayakan pesta juara Liga Inggris Minggu (15/4/2018) malam. Namun, bisa saja pesta pasukan Pep Guardiola tersebut tertunda. Bagaimana hitung-hitungannya?

Pada pertandingan ke-33, City mengandaskan tuan rumah Tottenham Hotspur 1-3 di Wembley. Tiga gol City dilesakkan Gabriel Jesus, IIkay Guendogan, dan Raheem Sterling. Sementara, gol Spurs diciptakan Christian Eriksen.

Dengan kemenangan ini, City masih perkasa di puncak klasemen dengan 87 poin atau terpaut 16 poin dengan Manchester United di posisi kedua. United baru memainkan laga ke-33 pada Minggu (15/4/2018) malam menghadapi West Bromwich Albion di Old Trafford.

Kevin De Bruyne dkk bisa pesta merayakan kemenangan Minggu malam jika anak asuhan Jose Mourinho tersebut kalah menghadapi West Brom. Artinya, dengan jarak 16 poin dan pertandingan tinggal lima pertemuan, United tidak bisa mengejar perolehan poin City.

Namun, jika United menang melawan West Brom, maka United meraih 74 poin atau jarak poin menjadi 13. City cuma butuh sekali kemenangan lagi. Maka, Gabriel Jesus dkk harus menunggu laga ke-34 pada Minggu (22/4/2018) melawan Swansea City.

Jika City bisa mengandaskan Swansea dengan meraih tiga poin, bisa dipastikan City langsung merayakan pesta juara apa pun hasil United melawan Bournemouth yang dimainkan lebih cepat pada Kamis (19/4/2018) waktu setempat.

Dengan kemenangan City atas Swansea, artinya City meraih 90 poin. Jika United menang atas West Brom dan Bournemouth, maka ponin United 77 atau jaraknya 13 poin.

Dengan empat laga tersisa, secara hitung-hitungan United sudah tidak bisa mengejar angka City.
Namun, jika City kalah atas Swansea di laga ke 34, poin City tetap 87. Poin akan semakin terpangkas menjadi 10 jika United menang atas West Brom di laga ke-33 dan Bournemouth di laga ke-34.

Selanjutnya juara akan kembali ditentukan pada laga ke-35, Minggu (29/4/2018). City akan bertandang ke markas West Ham, sedangkan United akan menjamu Arsenal. City bisa kehilangan gelar yang sudah di depan mata apabila lima laga tersisa mulai laga ke-34 melawan Swansea hingga laga pamungkas kalah, sementara United pada laga ke-33 hinggal laga ke-38 semuanya disapu bersih. Artinya, City tetap dengan 87 poin sementara United meraih 89 poin. Sesuatu yang mustahid City bakal kalah semua dalam lima laga terakhir.