Hadapi Soton, Chelsea Menang Susah Payah

Para pemain Chelsea merayakan gol setelah Oliver Giroud menjebol gawang Southampton dalam laga Liga Premier, Sabtu (14/4/2018) WIB. - Reuters/Ian Walton
14 April 2018 21:10 WIB Anton Wahyu Prihartono Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SOUTHAMPTON-Chelsea harus susah payah memenangkan pertandingan melawan Southampton di St Mary's Stadium, Sabtu (14/4/2018) malam WIB. Tertinggal dua gol terlebih dahulu, pasukan Antonio Conte akhirnya menutup pertandingan dengan skor 2-3.

Sejak peluit dibunyikan, Eden Hazard langsung menekan pertahanan Southampton. Kombinasi apik di menit 10 antara Hazard dengan Morata belum membuahkan hasil. Begitu pula serangan yang dibangun oleh Fabregas dan Willian, juga masih dimentahkan kiper Alex McCarthy.

Serangan balik melalui sektor kiri oleh mantan pemain Chelea, Ryan Bertrand pada menit 21 mampu dikonversi menjadi gol oleh Dusan Tadic. Unggul 1-0 membuat kepercayaan diri pemain Soton meningkat. Percobaan serangan pada menit 39 oleh James Ward-Prowse berhasil digagalkan Thibaut Coutois. Babak pertama, Soton unggul 1-0.

Memasuki babak kedua, Soton terus memberi anacaman barisan pertahanan Chelsea yang digalang oleh Gary Cahill. Sebuah umpan pemain Soton, diterima mulus Shane Long dan langsung menendang ke arah gawang. Namun, bola masih bisa dihalau Courtois.

Chelsea berusaha mengejar ketinggalan dengan serangan yang dibangun Fabregas dan Alonso dasi sisi kiri. Kemelut terjadi di depan gawang Soton, namun Hazard sudah dalam posisi offside. Petaka muncul di gawang Chelsea saat tendangan bebas meluncur ke sisi kanan Courtois yang diterima dengan sempurna pemain Soton, Jan Bednarek di menit 60. Tendangan keras Bednarek tidak bisa ditepis Courtois. Skor 2-0 untuk Soton.

Tertinggal dua gol, Chelsea menarik dua pemainnya langsung, Alvaro Morata digantikan Oliver Giroud dan Davide Zappacosta yang digantikan Predro Rodriguez. Pergantian ini membawa dampak positif. Sebuah umpan dari sektor kiri yang dikirim Marcos Alonso dimanfaatkan dengan sempuran oleh tandukan Giroud di menit 70. Chelsea meningkatkan intensitas serangan. Hasilnya, Eden Hazard mampu menjebol gawang Soton berkat umat Willian di menit 75.

Tiga menit kemudian, giliran Giroud kembali mencatatkan nama di papan skor. Sebuah tendangan bebas meluncur ke depan gawang Soton. Sempat terjadi kemelut di depan gawang dan akhirnya Giroud menyambar bola liar ke arah gawang Soton. Skor 2-3 untuk Chelsea.

Tertinggal tiga gol, Soton berusaha menekan Chelsea. Namun hingga babak kedua berakhir skor masih 2-3 untuk kemenangan The Blues. Chelsea mampu menguasai ball possession 57% berbanding 43%. Namun, Chelsea masih kalah dalam tendangan yang mengarah ke gawang. Soton enam, sedangkan Chelsea lima. Dengan hasil ini, Chelsea masih beradi di tangga kelima dengan poin 60. Sedangkan Soton masih berada di zona degradasi atau urutan 18 dengan 28 poin.