Advertisement

Lebih Hebat Messi atau Ronaldo di Liga Champions? Ini Datanya!

Anton Wahyu Prihartono
Kamis, 12 April 2018 - 19:03 WIB
Anton Wahyu Prihartono
Lebih Hebat Messi atau Ronaldo di Liga Champions? Ini Datanya! Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, MADRID-Dalam sepuluh tahun terakhir, jagat sepakbola tidak bisa lepas dari dua sosok pemain paling fenomenal. Keduanya berlomba-lomba menjadi yang terbaik. Mereka adalah Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Di klub, Ronaldo telah menggenggam berbagai gelar juara saat menjadi pemain Sporting Lisbon, Manchester United dan juga Real Madrid. Begitu juga Lionel Messi yang juga banyak mengoleksi trofi di Barcelona. Lalu bagaimana di panggung Liga Champions? Siapa yang lebih unggul? Ronaldo atau Messi.

Bisa dikatakan, Ronaldo dan Messi adalah dua pemain paling subur di ajang kompetisi paling glamor di Eropa. Bila keduanya digabungkan, keduanya sudah menjadi top skorer 11 musim di Liga Champions. Rinciannya, Ronaldo enam kali, sedangkan messi lima kali.

Hingga fase perempat final Liga Champions musim ini, statistik pemain Argentina justru mengalami penurunan. Terlebih lagi, Barcelona tereliminasi secara dramatis di perempat final. Sedangkan Ronaldo masih bisa membawa Madrid melaju ke semifinal.
Bila ditilik di fase perempat final musim ini, pemain berjuluk La Pulga atau Si Kutu tersebut lagi-lagi gagal mencatatkan di papan skor. Bahkan, kemandulan Messi membuat gol di fase perempat final telah terjadi selama lima musim berturut-turut.

Miskinnya produktivitas Messi di perempat final membuat pemain bernomor punggung 10 tersebut “baru” mengemas 100 gol di Liga Champions di mana enam gol di antaranya dilesakkan pada musim 2017/2018.

Bagaimana dengan Ronaldo? Di perempat final musim ini, Ronaldo mampu membikin tiga gol ke gawang Juventus. Dua gol di maskas Juventus, dan satu gol melalui tendangan penalti di Bernabeu, kandang Madrid, Kamis (12/4/2018) dini hari. Dengan tambahan gol tersebut, mantan pemain Manchester United tersebut sudah menjadi top skorer sementara yakni mengoleksi 15 gol. Dengan jumlah 15 gol Ronaldo sudah menjadi yang tertinggi nomor tiga sepanjang sejarah kompetisi tersebut.

Lalu siapa pencetak gol tertinggi di posisi satu dan dua? Lagi-lagi Ronaldo pemiliknya. Rekor gol terbanyak dalam satu musim Liga Champions sebanyak 17 gol. Pemain berusia 33 tahun tersebut mencatatkannya pada musim 2013/2014 dan sekaligus mengantar Real Madrid menjadi juara. Rekor kedua ditorehkan Ronaldo pada musim 2015/2016 di mana Ronaldo membuat 16 gol. Rekor gol itu pula yang membuat sukses Real Madrid kembali raja di Eropa. Di musim ini, bukan tidak mungkin, keran gol Ronaldo akan bertambah di fase semifinal atau bahkan di final.

Sebagaimana dikutip dari UEFA.com, dalam sejarah Liga Champions Ronaldo sudah mengoleksi 120 gol. Artinya ada perbedaan 20 gol antara Ronaldo dengan Messi.

Lalu bagaimana dengan trofi? Kedua megabintang tersebut sama-sama kuat yakni empat kali meraih trofi. Ronaldo meraih pada musim 2007-2008, 2013-2014, 2015-2016, dan 2016-2017. Trofi pertama didapat Ronaldo saat masih menjadi pemain Manchester United. Sedangkan Messi juga empat kali meraih trofi yakni pada 2006, 2009, 2011 dan 2015, semuanya berseragam Barcelona. Jika musim ini mampu membawa trofi Si Kuping Lebar, Ronaldo akan mengalahkan Messi dalam capaian perolehan trofi Liga Champions.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Proliga 2024 Kamis 24 April, Pertandingan Pertama LavAni vs Garuda Jaya

Olahraga
| Kamis, 25 April 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement